Turunkan Tensi Politik di Akar Rumput, Demokrat Sarankan Koalisi Dua Kubu Capres Dibubarkan Wasekjen Partai Demokrat Rachland Nashidik (Foto: Antaranews)

MerahPutih.Com - Kendati Pilpres 2019 telah berlalu, tensi politik di kalangan akar rumput masih saja tetap tinggi. Para pendukung kedua capres-cawapres tetap bergesekan hingga menimbulkan ketidaknyamanan sosial.

Demi meredam tensi politik yang tinggi, Wakil Sekretaris Jenderal (Wasekjen) Partai Demorkat, Rachland Nashidik menyarankan agar koalisi kedua capres dibubarkan. Alasannya, Pilpres telah usai dan kini hanya tunggu keputusan Mahkamah Konstitusi (MK).

"Pak @prabowo, Pemilu sudah usai. Gugatan ke MK adalah gugatan pasangan Capres. Tak melibatkan peran Partai. Saya usul, Anda segera bubarkan Koalisi dalam pertemuan resmi yang terakhir. Andalah pemimpin koalisi, yang mengajak bergabung. Datang tampak muka, pulang tampak punggung," tulis Rachland.

Kader Demokrat ini kemudian juga memberikan anjuran yang sama kepada Jokowi, bahwa mempertahankan koalisi sama halnya dengan mempertahankan perkubuan politik di akar rumput.

"Anjuran yang sama, bubarkan Koalisi, juga saya sampaikan pada Pak @jokowi. Mempertahankan koalisi berarti mempertahankan perkubuan di akar rumput. Artinya mengawetkan permusuhan dan memelihara potensi benturan dalam masyarakat. Para pemimpin harus mengutamakan keselamatan bangsa," cuitnya.

Rachland Nashidik mengatakan siapapun Presiden terpilih pascaputusan MK, dipersilahkan memilih sendiri para pembantunya di Kabinet.

Cuitan Rachland Nashidik soal bubarkan koalisi capres
Rangkaian cuitan kader Demokrat Rachland Nashidik terkait pembubaran koalisi capres (Foto: Screenshot twitter/Rachland Nashidik)

"Kenangan Partai mana yang setia dan berguna bagi direksi politik Presiden terpilih tak akan pupus karena koalisi sudah bubar. Begitulah sistem Presidensial," kata dia.

BACA JUGA: BPN Bocorkan Alasan Prabowo Ungkap Pilihan Politik Ani Yudhoyono

Ruas Jalan ke Sejumlah Destinasi Wisata Rusak, Asita Sumsel Tagih Komitmen Pemerintah

Lebih lanjut, mantan aktivis mahasiswa ini sebagaimana dilansir Antara meminta Jokowi dan Prabowo bertindak benar dengan segera membubarkan koalisinya. Menurut dia, dalam situasi saat ini perhatian utama perlu diberikan pada upaya menurunkan tensi politik darah tinggi di akar rumput.

"Membubarkan koalisi lebih cepat adalah resep yang patut dicoba. Gugatan di MK tak perlu peran partai," tutup Rachland Nashidik.(*)



Eddy Flo

LAINNYA DARI MERAH PUTIH