Turunkan Berat Badan Pasca Liburan dengan Minum Kopi Kenali tips menurunkan berat badan dengan kopi paska liburan(Foto: pixabay/publicdomainpictures)

USAI liburan akhir tahun seperti saat ini, bisanya berat badan semakin meningkat. Hal itu lantaran banyaknya godaan kuliner nikmat yang ditemui di tempat liburan.

Namun kamu tak perlu takut, karena hal tersebut dapat diatasi. Selain dengan cara membatasi konsumsi makanan, kamu bisa minum kopi sebagai alternatifnya.

Baca Juga:

Viral! Perusahaan Ini Tawarkan Kopi Hasil 'Roasting' dari Luar Angkasa

Kopi miliki banyak manfaat (Foto: pixabay/cocoparisiene)

Kopi selama ini dikenal sebagai minuman yang menyehatkan, namun dengan catatan tak ditambahkan banyak pemanis serta tak dikonsumsi berlebihan.

Hal itu kopi dikenal mengandung antioksidan yang baik bagi tubuh, termasuk melindungimu dari berbagai macam penyakit.

Sebuah penelitian di University of Illinois, Amerika Serikat. Mengungkap sebuah fakta terbaru tentang manfaat kopi, seperti yang dilansir dari laman New York Post.

Penelitian itu menyebutkan, kafein yang terkandung di dalam kopi bisa mencegah kenaikan berat badan.

Jadi kesimpulan penelitian itu, mengonsumsi kafein bisa membatasi kenaikan berat badan serta produksi kolesterol. Bahkan ketika kamu makan makanan tinggi lemak dan gula.

Baca Juga:

Rp12,8 Juta untuk Secangkir Kopi, Apa Istimewanya?

Penelitian tersebut dilakukan menggunakan seekor tikus. Dimana para tikus diberi makan berupa 40%-45% karbohidrat dan hanya 15% protein selama empat minggu.

Lalu tikus-tikus tersebut diberi teh yang kaya akan phytochemical, asam amino, flavonoid, dan kafein sebanyak 65 miligram - 130 miligram.

Di akhir percobaan, sejumlah peneliti menemukan bahwa tikus yang mengonsumsi kafein (kandungan di dalam kopi, memiliki jumlah lemak tubuh jauh lebih rendah.

Peneliti menyebutkan kafein bisa mengurangi kenaikan berat badan hingga 16 persen (Foto: pixabay/pixel2013)

Peneliti tersebut mengatakan jika kafein bisa mengurangi penyerapan lemak sebesar 22 persen dan mengurangi kenaikan berat badan hingga 16 persen.

Sedangkan untuk manusia, para peneliti itu menyarankan untuk minum empat cangkir kopi dalam sehari, khususnya kopi hitam untuk mencegah kenaikan berat badan.

"Kesimpulannya kafein bisa dianggap sebagai agen antiobesitas. Hasil penelitian itu bisa ditingkatkan untuk manusia karena kafein disebut strategi potensial untuk mencegah kelebihan berat badan, obesitas serta gangguan metabolisme" ucap Elvira Gonzales de Mejia, salah satu peneliti.

Selain itu Elvira menambahkan, kafein tak hanya bisa didapat dari teh, namun dari sumber lain seperti kopi. Perlu diketahui, kafein rupanya sangat penting untuk tubuh karena bisa mengurangi dampak negatif dari diet tinggi lemak.

So, jika kamu ingin berlibur tanpa khawatir berat badanmu bertambah, kamu bisa meminum kopi setiap hari sesuai dengan takaran yang sudah ditentukan. Sekali lagi perlu diketahui, untuk tak menggunakan gula dan pemanis lain dalam jumlah yang banyak.

Jadi, kalau ingin berlibur tanpa takut berat badan bertambah, kamu bisa rutin meminum kopi setiap hari sesuai takaran yang telah ditentukan. Disarankan untuk tidak menggunakan gula maupun pemanis lain dalam jumlah yang banyak. (Ryn)

Baca Juga:

Fakta-Fakta Unik Tentang Kopi yang Jarang Diketahui

Kredit : raden_yusuf

Tags Artikel Ini

Raden Yusuf Nayamenggala

LAINNYA DARI MERAH PUTIH