Turun-Naiknya Harga Cryptocurrency Dipengaruhi Banyak Faktor Fluktuasi harga dalam perdagangan cryptocurrency sangat tinggi dan cepat. (Foto: Pexels/Moose Photos)

UMUMNYA banyak negara menggunakan sistem mata uang fiat. Bank pusat dan badan keuangan memegang kontrol persediaan uang, sehingga secara langsung dapat mengontrol inflasi.

Sementara cryptocurrrency tidak diatur oleh pemerintah atau otoritas lain, dan belum diterima sebagai alat tukar yang sah. Cryptocurrency juga memiliki jumlah ketersediaan yang tetap sehingga tidak ada devaluasi dari cryptocurrency akibat inflasi.

Cryptocurrency dan mata uang fiat memiliki karakteristik yang serupa. Keduanya dapat digunakan sebagai alat tukar untuk membeli suatu produk dan jasa, dan memiliki nilai relatif.

Pasar cryptocurrency pun masih sangat baru dan edukasi masyarakat pada cryptocurrency masih terbatas yang membuatnya begitu mudah berubah-ubah.

cryptocurrency
Pasar cryptocurrency pun masih sangat baru. (Foto: Pexels/David McBee)

Laman Coinvestasi menyebutkan bahwa terdapat keterbatasan likuiditas dalam pasar cryptocurrency dibandingkan dengan pasar yang sudah lebih lama terbentuk seperti pasar valuta asing. Agar lebih mudah mendapat gambarannya, total nilai seluruh uang yang ada di dunia ada lebih dari $90 triliun atau lebih dari Rp1 juta triliun. Sementara total market cap cryptocurrency berada di atas $250 miliar atau lebih Rp3 ribu triliun.

Volume trading cryptocurrency per hari sekitar $14 milyar atau Rp212 triliun, sementara trading forex per hari mendekati $5 triliun atau Rp75 ribu triliun. Perbedaan antara harga jual dan beli dalam perdagangan valas paling besar hanya sekitar beberapa sen. Sementara dalam trading cryptocurrency bisa mencapai beberapa dolar. Hal ini menunjukkan pasar yang sangat tipis dapat dan bergerak cepat sehingga membuat harga cryptocurrency begitu fluktuatif.

Kemudian banyaknya pemain baru setiap hari ikut mempengaruhi fluktuasi itu. Pada awal 2018, terdapat 100 ribu pengguna baru setiap hari. Karakteristik pemain baru yang ingin mendapatkan keuntungan turut mempengaruhi pasar cryptocurrency.

Lalu adanya manipulasi harga dari exchange besar yang membuat para trader membeli atau menjual crypto. Apalagi pemain baru yang belum memiliki pengalaman dimanfaatkan oleh kondisi tersebut. Ditambah lagi, manipulasi harga sulit dikontrol dalam pasar yang belum diatur.

Kredit : paksi

Tags Artikel Ini

Paksi Suryo Raharjo

LAINNYA DARI MERAH PUTIH