Turki Terus Perkuat Daerah Perbatasannya dengan Suriah Sebuah tank tiba bersama satuan pasukan Turki di pangkalan militer mereka di Doha, Qatar, Selasa (18/7). (ANTARA FOTO/Qatar News Agency/Handout via REUTERS)

MerahPutih.com - Kantor Berita Dogan menyebutkan saat ini pasukan Turki terus menambah jumlah pasukannya di perbatasan selatan Suriah. Mereka juga mengerahkan artileri dan sejumlah Tank, pada Sabtu (6/8).

Enam howitzer dan sejumlah tank serta kendaraan militer, dikerahkan ke Provinsi Kilis yang wilayahnya melintang di perbatasannya dengan wilayah Suriah. Seperti diketahui, wilayah tersebut kini dikuasi Kurdi.

Tentara Turki terlibat bentrok dengan pasukan Kurdi dan sekutu mereka di daerah tersebut dalam beberapa pekan belakangan. "Mereka terlibat baku tembak dan peluncuran serangan roket," menurut pejabat Kurdi seperti dikutip Reuters.

Ketegangan yang meningkat antara dua sekutu AS itu di Suriah barat laut, menimbulkan kekhawatiran pada bulan lalu dari front utama lainnya pada perang multi-sisi di Suriah.

Turki memandang milisi Kurdi telah membentuk otonomi di daerah sepanjang perbatasan utara Suriah dengan Turki. Mereka merupakan perpanjangan Partai Pekerja Kurdistan (PKK) yang terus melakukan pemberontakan melawan Turki selama beberapa dasawarsa belakangan.

Tidak ada tanggapan secara langsung dari pejabat Turki.

Ankara mengatakan bahwa mereka tidak memiliki rencana untuk melancarkan perang melawan milisi Kurdi. Namun kekuatan Turki siap memberikan perlawanan kepada siapa saja yang melancarkan permusuhan dari wilayah perbatasannya. (*)

Sumber: ANTARA


Tags Artikel Ini

Yohannes Abimanyu

YOU MAY ALSO LIKE