Turki Tangkapi 6.000 Orang, 29 Jenderal Pasca-Kudeta

Luhung SaptoLuhung Sapto - Senin, 18 Juli 2016
Turki Tangkapi 6.000 Orang, 29 Jenderal Pasca-Kudeta
Presiden Erdogan meletakkan karangan bunga. (Screenshot BBC)

MerahPutih Internasional - Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan kini tengah memulihkan pemerintahannya pascakudeta oleh militer yang gagal. Sejumlah petinggi militer yang terlibat dalam upaya kudeta ditangkap.    

Sedikitnya, Turki telah menahan 6.000 orang, 29 jenderal penting dari total 300 jenderal yang terlibat dalam upaya kudeta untuk menggulingkan Presiden Erdogan. Termasuk Ali Yazici, wakil panglima militer.  

Mengutip laporan kantor berita Anadolu, para petinggi militer tersebut ditangkap dalam penggerebekan massal di seluruh wilayah Turki setelah upaya kudeta Jumat (15/7) lalu. Selanjutnya mereka dibawa ke pengadilan.

Sementara itu kantor berita Dogan, melansir laporan 10 jenderal ditahan menjelang persidangan. Mereka dituduh melanggar konstitusi Turki dan berusaha menggulingkan pemerintah secara paksa. 

Dilaporkan surat kabar Inggris the Guardian, Erdogan berduka atas tewasnya para pendukung setianya saat melawan para tentara pemberontak. Ia menyerukan "pembersihan" pemerintahan dari orang-orang yang tidak setia.  

BACA JUGA:

  1. Kudeta Militer di Turki, Ini Sosok Presiden Erdogan
  2. Turki Dilanda Kudeta Militer
  3. Mencekam, Ini Kronologi Kudeta Militer di Turki
  4. Pemerintah Turki Nyatakan Kudeta Militer Telah Gagal

 

#Recep Tayyip Erdogan #Kudeta Militer Turki #Kudeta
Bagikan
Ditulis Oleh

Luhung Sapto

Penggemar Jones, Penjelajah, suka makan dan antimasak
Bagikan