Tur Arkeologis untuk Kaum Naturis di Museum Arkeologi Catalonia

Hendaru Tri HanggoroHendaru Tri Hanggoro - Selasa, 31 Oktober 2023
Tur Arkeologis untuk Kaum Naturis di Museum Arkeologi Catalonia
Museum Arkeologi Catalonia itu melangsungkan tur bekerja sama dengan Catalan Naturism Club. (Foto: Wikimedia Commons)

SEBUAH museum di Barcelona membuka pintunya bagi para nudis atau naturis dengan mengadakan tur khusus di mana pengunjung dapat melepaskan pakaian mereka pada akhir pekan lalu.

Museum Arkeologi Catalonia itu melangsungkan tur selama 90 menit bekerja sama dengan Catalan Naturism Club. Para peserta disuguhi tur khusus selama 90 menit ke pusat kebudayaan di kota tersebut dan diperkenankan berjalan telanjang bulat melalui lorong dan galerinya.

“Kami ingin menjadikannya kunjungan yang lebih berwarna dan bukan tur berpemandu pada umumnya. Kami ingin orang-orang yang datang untuk melihatnya merasakan hal yang sama dengan karya yang mereka lihat,” ujar Edgard, si pemandu, yang juga tak berpakaian, seperti diberitakan Reuters (29/10).

Baca juga:

Aturan dan Pantai Terbaik Kaum Naturis Dunia

Karya yang dapat dilihat antara lain foto-foto patung Riace Bronzes karya Luigi Spina. (Foto: Instagram/@governcat)
Dua patung perunggu besar prajurit telanjang Yunani yang berasal dari abad ke-5 SM ikut dipamerkan. (Foto: Wikimedia Commons)

Mengenai tur tersebut, situs web museum menjanjikan pengunjung kesempatan untuk mengagumi karya-karya tersebut dengan berpose dalam situasi yang sama seperti mereka, telanjang bulat dan dikelilingi oleh tubuh lain. Karya yang dapat dilihat antara lain foto-foto patung Riace Bronzes karya Luigi Spina.

Dua patung perunggu besar prajurit telanjang Yunani yang berasal dari abad ke-5 SM yang ditemukan pada tahun 1972 di dekat kota Riace, Italia yang menjadi objek foto juga hadir di museum tersebut.

“Intensitasnya serupa mengamatinya dengan memakai pakaian, tapi perbedaannya, kita mungkin lebih memahami bahwa ketelanjangan selalu ada dan tubuh tidak boleh menjadi sumber rasa malu bagi siapa pun,” kata petugas kesehatan Marta, 59, yang sedang mengunjungi pameran, seperti dikutip euroweeklynews.com.

Meskipun jarang terjadi di Spanyol, jenis tur ini telah dilakukan di belahan dunia lain seperti Paris. Di ibu kota Perancis, Museum Seni sebelumnya membuka pintunya untuk kunjungan nudis yang sangat mirip dengan yang diadakan di Barcelona.

Baca juga:

Flexing Sekaligus Tingkatkan Kesehatan Mental di Tempat Tropis

pengunjung nudis
Karya yang dapat dilihat antara lain foto-foto patung Riace Bronzes karya Luigi Spina. (Foto: Instagram/@governcat)

Pesan yang ingin disampaikan oleh Museum Arkeologi dan Klub Naturisme Catalan adalah normalisasi tubuh telanjang dan penerimaan semua bentuk tubuh yang cenderung menyimpang dari pedoman normatif yang diberlakukan masyarakat.

Kelimun nudis dan nudisme di Eropa berkembang cukup merata. Beberapa negara memberi ruang pada kelimun dan aliran ini.

Nudisme muncul sebagai sebuah gerakan budaya dan politik pada awal abad ke-19. Sekarang, kelimun nudis beroleh tempat di sejumlah titik seperti pantai dan taman. (aru)

Baca juga:

Aprilia Siap Tebus Blunder GP Catalunya di GP Jerman

#Barcelona #Spanyol
Bagikan
Bagikan