Tunggu Instruksi Kemenhub, Bandara Adi Soemarmo Masih Layani Penerbangan Solo-Madinah Pesawat Lion Air berada di runway pesawat Bandara Internasional Adi Soemarmo, Solo, Jawa Tengah. (MP/Ismai)

MerahPutih.Com - Pemerintah Arab Saudi menghentikan sementara umrah ke Tanah Suci untuk mengantisipasi penyebaran virus corona, Kamis (27/2).

Namun demikian, penghentian itu belum terdampak pada pelayanan penerbangan pesawat tujuan Madinah di Bandara Internasional Adi Soemarmo, Solo, Jawa Tengah.

Baca Juga:

Pemerintah Pahami Keputusan Arab Saudi Terkait Penghentian Sementara Ibadah Umrah

Humas PT Angkasa Pura I Bandara Adi Soemarmo, Danar Dewi, mengatakan penerbangan ke Madinah untuk ibadah umrah Bandara Adi Soemarmo, Boyolali, masih berjalan normal. Maskapai penerbangan masih melayani biro umrah untuk penerbangan tujuan Madinah.

Pemeriksaan penumpang di Bandara Internasional Adi Soemarmo Solo
Penumpang pesawat Bandara Internasional Adi Soemarmo, Solo, Jawa Tengah dilakukan pengecekan thermal scanner sebagai antisipai wabah virus corona. (MP/Ismail)

"Penyetopan sementara perjalanan umrah, kami masih menunggu instruksi Kemenhub (Kementerian Perhubungan)," ujar Danar.

Danar memaparkan ada beberapa jadwal umrah yang masuk ke Bandara Adi Soemarmo untuk diberangkatkan pada akhir bulan ini dan awal Maret. Maskapai Lion Air untuk tanggal 29 Februari 2020 akan ada penerbangan umrah pukul 08.15 WIB.

Selain itu, kata dia, penerbangan kepulangan umrah dari Arab Saudi di Bandara Adi Soemarmo terjadi pada Minggu (1/3). Pada hari Minggu juga ada penerbangan tujuan Arab Saudi menggunakan maskapai Lion Air JT 119 rute SOC-JED, dengan jumlah penumpang sebanyak 427 orang.

Baca Juga:

Sembilan WNI Positif Corona, Pemerintah Koordinasi dengan Jepang

"Kami lihat jadwal keberangkatan pesawat tujuan umrah tidak menentu. Semua tergantung pada maskapai dan penyedia jasa biro umrah," pungkasnya.(*)

Berita ini ditulis berdasarkan laporan Ismail, reporter dan kontributor merahputih.com untuk wilayah Jawa Tengah.

Baca Juga:

Korea Selatan Laporkan Kembali 161 Kasus Virus Corona, Total Sebanyak 763



Eddy Flo

LAINNYA DARI MERAH PUTIH