Tunaikan Puasa dan Sambut Idul Fitri, Warga Muslim AS Buat 'Masjid Mini' di Rumah Selalu ada cara untuk merasakan kehangatan bersama keluarga. (Foto: USA Today/Michael Karas)

HARI Raya Idul Fitri menjadi momen sempurna untuk berkumpul bersama keluarga dan sanak saudara. Momen setahun sekali ini tentu sangat sayang dilewatkan bagi umat muslim, lantaran hari ini juga menjadi akhir dari bulan suci Ramadan.

Namun karena adanya pandemi Corona (COVID-19), sebagian umat muslim tidak bisa pergi beribadah ke masjid dan merayakan lebaran seperti biasanya. Sebagai gantinya banyak umat muslim di seluruh dunia menemukan cara untuk menyambut Idul Fitri agar tetap menjadi hari spesial. Mulai dari berkirim parsel hingga membuat ruang berdoa di dalam rumah.

Baca juga:

Tutorial Silaturahmi Virtual Kekinian Saat Pandemi Virus Corona

Salah satunya adalah keluarga Stephanie Aspero, pemeluk agama islam di AS. Mereka membuat sebuah masjid mini di rumah agar tetap bisa merasakan suasana Ramadan bersama keluarga. Desain ruangan dibuat sedemikian rupa dengan suasana khusyuk, serta dilengkapi beberapa interior layaknya di masjid sesungguhnya.

Tunaikan Puasa dan Sambut Idul Fitri, Warga Muslim AS Buat 'Masjid Mini' di Rumah
Stephani Aspero dan keluarga. (Foto: USA Today/Michael Karas)

“Bagi kami, membuat ruang beribadah untuk keluarga merupakan cara terbaik. Karena kami tahu, tidak bisa membawa keluarga ke masjid tahun ini. Sangat penting untuk melakukan sesuatu, meskipun itu hanya sebuah simbol,” ujar Aspero seperti dilansir dari laman USA Today.

Di rumah perempuan yang berprofesi sebagai guru bahasa Inggris ini mengenakan seprai ungu dan emas dalam bentuk tenda di ruang tengah, bantal biru dan putih, serta sajadah di lantai. Ia juga meletakkan beberapa buku mengenai Ramadan untuk putrinya yang berusia 10 tahun dan anak kembarnya yang berusia lima tahun.

Baca juga:

Tips Ampuh Tetap Bugar Saat Lebaran Setelah Berpuasa Sebulan Penuh

Hal serupa juga dilakukan keluarga Eyad Asmar. Ia menggunakan bahan-bahan dari toko percetakannya untuk membuat desain masjid di dalam rumah. Asmar membuat dinding-dinding serta pintu masuk utama dan meletakkan permadani di masjid mini miliknya.

Tunaikan Puasa dan Sambut Idul Fitri, Warga Muslim AS Buat 'Masjid Mini' di Rumah
Eyad Asmar dan keluarga sedang melaksanakan ibadah shalat. (Foto: USA Today/Michael Karas)

Anak-anaknya yang berusia belia juga turut membantu memilih bahan-bahan dan cetakan untuk masjid mini tersebut. “Sejak mereka kecil, kami pergi ke masjid dan mereka terbiasa dengan semangat Ramadan. Saya pikir ini akan membantu mereka untuk tetap merasa hangat,” ujar Asmar.

Di saat seperti ini banyak keluarga tentu ingin menjaga semangat Ramadan dan menyambut riang Idul Fitri, terutama bagi anak-anak mereka. Essma Bengabsia, Direktur Eksekutif Muslim Network yang berbasis di New Jersey, mengatakan bahwa foto-foto ruang beribadah telah banyak bermunculan di media sosial.

“Satu demi satu orang mengunggah foto. Mereka benar-benar menyukasi gagasan itu dan mulai membuat ruang salat dan masjid kecil sendiri di rumah,” ucapnya.

Sebagian umat muslim di dunia tidak bisa merayakan Idul Fitri bersama keluarga dan sanak saudara di tahun ini. Aktivitas yang biasa dilakukan terasa sangat berbeda dari tahun-tahun sebelumnya.

Meski begitu, kita tetap bisa merayakan dengan melakukan video call bersama anggota keluarga lainnya dan berdoa. Selamat Hari Raya Idul Fitri! (and)

Baca juga:

Cara Mudah Mengontrol Kadar Kolesterol Saat Lebaran


Tags Artikel Ini

Ananda Dimas Prasetya

LAINNYA DARI MERAH PUTIH