Tumpukan Pekerjaan Malah Menyambar di Akhir Tahun, Hadapi dengan Cara Ini Jangan khawatir dan galau saat tak bisa libur di akhir tahun. (foto: memecomic.id)

properti

DALAM dunia kerja, kamu mesti GC alias gerak cepat. Tak hanya dalam urusan menyelesaikan pekerjaan, prinsip GC juga harus kamu terapkan dalam mengajukan cuti akhir tahun. Kalau kamu enggak GC mengajukan cuti akhir tahun, sudah bisa ditebak, kamu bakal jadi orang yang tertinggal di meja kantor ditemani limpahan pekerjaan dari rekan yang pergi berlibur. Duh, rasanya pengin garuk-garuk tembok ya.

Nah, daripada galau tiada ujung dan jadi tak produktif, kamu bisa kok menjalani sambaran pekerjaan dadakan di akhir tahun itu. Coba terapkan deh 5 tips sederhana dari JobStreet.com ini.

BACA JUGA: Stres Bisa Muncul saat Berlibur, Hadapi dengan Trik Ini


1. Perjelas prioritas pekerjaan

prioritas pekerjaan
Buat jadwal untuk hal prioritas. (foto: pixabay/rawpixel)

Biarpun bekerja saat musim liburan, kamu tetap harus efektif. Caranya, jangan ragu tanyakan kepada atasan apa prioritas bisnisnya untuk hari-hari itu. Buat penjadwalan terlebih dahulu sehingga kamu bisa menyelesaikan pekerjaan sebanyak mungkin lebih awal.

Lebih baik lagi jika kamu bisa membuat kesepakatan dengan atasan untuk mengondisikan jam kerjamu pada hari-hari tertentu sehingga kamu tidak perlu bekerja seharian atau bergantian.


2. Berikan alternatif

alternatif pekerjaan
Negosiasikan agar bisa bekerja di rumah. (foto: pixabay/shaila19)

Berhubung kamu bekerja saat yang lain cuti, situasi kantor yang kosong bisa sedikit bikin mager. Oleh karena itu, tak ada salahnya kamu ajukan ide kepada atasan untuk membagi shift dengan rekan lain atau bekerja dari rumah.

Kamu juga bisa mencapai kesepakatan dengan atasan sehingga tidak perlu bekerja selama liburan besar berikutnya. Pilihan lain, kamu bisa bernegosiasi untuk mengganti hari libur bertepatan dengan liburan besar berikutnya. Adil kan.

3. Rayakan terlebih dahulu atau sesudahnya

rayakan hari libur
Ajak teman atau keluarga untuk merayakan lebih awal atau sesudahnya. (foto: pixabay/trf15)

Meskipun mesti bekerja, kamu tetap bisa merayakan Tahun Baru kok. Kemungkinannya sih, kamu akan merayakan lebih awal atau sesudahnya. Mintalah teman dan anggota keluargamu untuk membuat pengecualian dan rayakan sebelum atau segera setelahnya. Dengan cara itu, kamu tidak akan benar-benar ditinggalkan.


4. Jauhi media sosial

media sosial
Jauhi media sosial. (foto: pixabay/firmbee)

Ini mungkin susah, terlebih buat kamu yang sedari bangun pagi sudah memegang ponsel. Kamu bisa saja tergoda untuk mencari tahu keadaan teman dan anggota keluarga saat terjebak di tempat kerja, tapi itu hanya akan membuat kamu merasa lebih buruk.

Media sosial juga akan mengalihkan perhatianmu dari hal-hal yang seharusnya kamu kerjakan. Jadi, solusi terbaiknya, jangan siksa dirimu. Singkirkan jauh-jauh media sosial saat bekerja selama liburan. Stalking teman yang lagi liburan cuma bikin galaumu makin memuncak.


5. Manjakan diri setelah bekerja

manjakan diri setelah bekerja
Tak ada salahnya hadiahi dirimu dengan hal yang kamu inginkan. (foto: pixabay/sasint)

Menjadi senang itu penting. Tak ada salahnya hadiahi dirimu dengan sesuatu yang ditunggu-tunggu. Hal itu bikin bekerja selama liburan tidak begitu suram. Kamu bisa menghadiahi dirimu dengan sepatu yang sudah kamu idamkan. Atau bisa juga memesan perawatan spa yang membuat rileks. Pilihan lain, nikmati makanan mewah dengan orang yang kamu cintai. Apa pun itu, pastikan itu sesuatu yang cukup istimewa untuk menjaga semangatmu, ya.(*)

properti

Tags Artikel Ini

Dwi Astarini

LAINNYA DARI MERAH PUTIH