Tumbuhan Sadar akan Sentuhan Tanaman bisa merasakan sentuhan. (Foto: unsplash/@romankraft)

FAKTA terbaru tentang tumbuhan ini bisa membuat kamu kaget. Tumbuhan yang selama ini dianggap statis dan tak banyak merespons rupanya bisa merasakan sentuhan. Tidak hanya tumbuhan putri malu atau Mimosa pudica yang memberi respons saat disentuh, tumbuhan lain ternyata juga bisa. Hanya saja efeknya tidak bisa dilihat.

Jadi saat lain kali kamu menyentuh tanaman, atau bahkan menginjak mereka, ingatlah bahwa tanaman bisa merasakannya. Dilansir Science Alert, sensasi yang berbeda juga dapat memicu aliran perubahan fisiologis dan genetik, tergantung pada rangsangan yang diterima tanaman. Bisa berupa beberapa tetes hujan atau sedikit tepukan lembut.

BACA JUGA:

Karang Gigi Bisa Menyebabkan Penyakit Lain

Science Daily melaporkan Direktur Penelitian Institut Pertanian dan Pangan La Trobe di AgriBio Profesor Jim Whelan mengatakan bahkan sentuhan paling ringan dari manusia, hewan, serangga, atau bahkan tanaman yang saling bersentuhan saat tertiup angin bisa memicu respons gen yang sangat besar pada tanaman. "Meskipun orang umumnya menganggap tanaman tidak bisa merasakan apa-apa saat disentuh, sebenarnya sangat sensitif terhadap sentuhan," kata ketua peneliti Olivier van Aken dari University of Western Australia, seperti dilansir Science Alert.

tanaman
Sangat sensitif, sedikit tetesan dari hujan memiliki efek banyak terhadap sang tanaman. (Foto: unsplash/@mili_vigerova)

Walau mereka bisa merasakan sentuhan, beberapa tanaman suka disentuh, tapi beberapa tidak. Oleh karena itu, jangan asal menyentuh tanaman. Peneliti menemukan bahwa sentuhan dari tangan manusia bisa membunuh tanaman. Satu tim peneliti, dari University of Pennsylvania, James Cahill, Brenda Casper, dan Jeffrey Castelli, seperti dilaporkan ABC News, meneliti enam jenis tumbuhan yang berbeda.

Setengah dari tanaman dibiarkan tidak terganggu untuk dijadikan kontrol, tetapi setengah lainnya diberi kunjungan oleh para ahli biologi. Para peneliti, dijelaskan Cahill, tidak ingin melakukan apa pun yang secara dramatis akan memengaruhi tanaman tersebut. Jadi, kunjungan tersebut sama saja dengan membelai setiap tanaman dari dasar sampai ujung, seolah-olah mereka mencoba mengukur pertumbuhannya, sebuah praktik standar dalam penelitian lapangan.

tanaman
Beberapa tanaman yang menerima sentuhan akhirnya mati atau mengalami kerusakan parah. (Foto: unsplash/@john_silliman)

Tanaman yang tidak disentuh ternyata sehat. Sebaliknya, beberapa tanaman yang disentuh akhirnya mati karena daun-daunnya dimakan serangga. Adapun tanaman lainnya tidak mati, tapi menunjukkan kerusakan parah.

Namun, beberapa jenis tumbuhan yang disentuh, seperti Sulphur cinquefoil (Potentilla recta) dan Butter and Eggs (Linaria vulgaris) memiliki reaksi positif saat disentuh. Ada juga tanaman lain yang tidak terpengaruh akan sentuhan. Alasan mengapa sentuhan manusia dapat memberi efek-efek itu tidak diketahui.

Science Alert menulis penelitian sebelumnya menunjukkan tumbuhan memiliki kesadaran yang cukup baik terhadap lingkungannya. Misalnya, mereka dapat 'mendengar' ketika sedang dikunyah oleh serangga dan melepaskan bahan kimia untuk menghentikannya. Mereka juga dapat berkomunikasi satu sama lain melalui 'internet' jamur di bawah tanah.

Temuan-temuan itu penting bagi para ilmuwan karena bisa saja mereka secara tidak sadar mengubah lingkungan tanaman yang mereka coba pelajari dan dengan demikian dapat mengubah hasil penelitian. "Dunia ini lebih rumit daripada yang kita duga," ucap Cahill kepada ABC News.

Selain dapat membantu para peneliti, penemuan ini juga dapat membantu meningkatkan kesadaran orang-orang saat menangani tanaman dan tidak asal menyentuh, menusuk, dan sebagainya.

Tidak tahan pengen sentuh dan belai tanamanmu karena sayang banget sama tanamanmu? Van Aken, seorang peneliti dari Australia, menyarankan bernyanyi kepada tanamanmu.

"Hingga saat ini, belum ada bukti yang mendukung ide sebagian orang bahwa getaran yang ditimbulkan hanya dengan berbicara dengan tumbuhan memiliki efek yang cukup kuat untuk menggerakkan tumbuhan," ucap Van Aken kepada The Age.(Lev)

BACA JUGA:

Turis Asal Perancis Didenda Karena Mencuri Pasir Pantai


Tags Artikel Ini

Dwi Astarini

LAINNYA DARI MERAH PUTIH