Tulisan Tangan Lirik ‘Desolation Row’ Bob Dylan Dilelang Rp 6 Miliar

Ananda Dimas PrasetyaAnanda Dimas Prasetya - Senin, 28 November 2022
Tulisan Tangan Lirik ‘Desolation Row’ Bob Dylan Dilelang Rp 6 Miliar
Lembaran itu didapatkan dari teman Dylan. (Foto: Wikipedia/Flickr/Chris Hakkens)

LEMBAR lirik hasil tulisan tangan Bob Dylan untuk lagu Desolation Row dari tahun 1965 bakal dijual seharga USD 425 ribu (Rp 6 miliar) di pelelangan.

Mengutip NME, Senin (28/11), ini menjadi yang terbaru dari beberapa lembaran lirik yang telah dilelang dalam beberapa tahun terakhir. Pada 2020, manuskrip asli untuk The Times They Are A-Changin, Lay Lady Lay dan Subterranean Homesick Blues diakuisisi oleh sebuah perusahaan memorabilia, dengan yang pertama terdaftar dengan harga USD 2,2 juta (Rp 34 miliar).

Baca juga:

Gitar Biru Kurt Cobain Dilelang

Tulisan Tangan Lirik ‘Desolation Row’ Bob Dylan Dilelang Rp 6 Miliar
Dylan meminta maaf atas kontroversi salinan buku yang ditandatangani secara digital. (Foto: Wikipedia/Alberto Cabello)

Menurut TMZ, lirik dari lagu berdurasi 11 menit itu menampilkan tulisan tangan yang tercoret-coret dan diperbaiki oleh Dylan. Lembaran lirik ini diperoleh dari teman seumur hidup Dylan, ia menerima lembaran lirik itu puluhan tahun lalu.

Dalam beberapa minggu terakhir, Bob Dylan telah meminta maaf atas kontroversi seputar salinan buku barunya yang ditandatangani.

Pekan lalu, raksasa penerbit Simon & Schuster mengakui bahwa salinan 'tanda tangan' dari buku baru Bob Dylan, The Philosophy Of Modern Song, sebenarnya diproduksi dengan sistem autopen yang menggunakan mesin untuk mereproduksi tanda tangan seseorang secara otomatis.

900 salinan buku yang ditandatangani dijual melalui situs web Simon & Schuster seharga USD 599 (Rp 9,4 juta). Banyak penggemar menyadari bahwa itu adalah penipuan, ketika mereka mulai membagikan foto salinan mereka di forum, di mana menjadi jelas bahwa setiap salinan menggunakan tanda tangan yang hampir identik.

Baca juga:

Memorabilia The Beatles Dilelang dalam Bentuk NFT

Tulisan Tangan Lirik ‘Desolation Row’ Bob Dylan Dilelang Rp 6 Miliar
Dylan membuat pernyataan maafnya melalui Facebook. (Foto: Wikipedia/Flickr/Jean-Luc Ourlin)

Dalam pernyataan yang diunggah ke halaman Facebook-nya, Dylan meminta maaf kepada para penggemar dan mengatakan bahwa autopen disarankan kepadanya sebagai ide setelah dia menderita penyakit dan vertigo pada 2019 dan merasa tidak dapat menandatangani bukunya sendiri.

“Saya telah disadarkan bahwa ada beberapa kontroversi tentang tanda tangan pada beberapa cetakan karya seni saya baru-baru ini dan pada edisi terbatas Philosophy Of Modern Song. Saya telah menandatangani setiap cetakan seni selama bertahun-tahun, dan tidak pernah ada masalah,” kata Dylan

“Namun, pada 2019 saya mengalami kasus vertigo yang parah dan berlanjut hingga tahun-tahun pandemi. Dibutuhkan lima kru yang bekerja dalam jarak dekat dengan saya untuk membantu mengaktifkan sesi penandatanganan ini, dan kami tidak dapat menemukan cara yang aman dan dapat diterapkan untuk menyelesaikan apa yang perlu saya lakukan saat virus (COVID-19) merajalela,” lanjutnya. (kna)

Baca juga:

Barang-barang Pribadi Marilyn Monroe akan Dilelang

#Bob Dylan #Musik #Legenda Musik
Bagikan
Ditulis Oleh

Ananda Dimas Prasetya

nowhereman.. cause every second is a lesson for you to learn to be free.
Bagikan