Tukar Peran Pria dan Perempuan dalam Rumah, Kenapa Tidak? Tukar peran pria dan perempuan kini makin lazim.(Foto: Pixabay/5688709)

URUSAN rumah umumnya ditunaikan perempuan. Tugas-tugas seperti masak, mencuci, dan beberes biasa dilakukan seorang istri. Namun, hal tersebut sudah tidak berlaku di zaman modern ini. Nilai dan isu gender kini digaungkan terutama oleh para perempuan demi kesetaraan.

Seperti dilansir Deseret.com, para pria kini lebih banyak membantu perempuan karena mulai menyadari pentingnya kesetaraan. Perempuan bisa bekerja sambil mengurus rumah, sehingga sudah sepantasnya para pria pun ikut membantu. Saling tukar peran dalam sebuah rumah tangga juga bermanfaat bagi tumbuh kembang anak-anak secara psikologis.

BACA JUGA: Perempuan Berkarier, Kenapa Tidak?

Penasaran apa saja manfaatnya saling bertukar peran dan membantu di dalam rumah? Yuk, baca ulasan berikut ini.


1. Menjunjung Tinggi Kesetaraan

balance
Mengikuti era kesetaraan gender. (foto: pixabay/tumisu)

Sekarang ini sudah bukan zamannya untuk merendahkan kaum perempuan dan menyuruhnya bekerja di rumah. Karena jika semua dilakukan secara bersama dan ikhlas bergotong royong, rumah tangga akan semakin kuat. Segala sesuatu yang lebih dominan akan hancur pada akhirnya. Untuk itu diperlukan sebuah kesetaraan dalam segala aspek.

2. Lebih Bahagia

couple
Berbagi peran membuat pasangan lebih bahagia. (foto: pixabay/stocksnap)

Membereskan rumah berdua bersama pasangan atau saling bergantian ketika salah satunya sedang lelah bisa lebih membahagiakan sebuah rumah tangga. Tidak ada lagi perasaan yang terpendam akibat kesal karena pekerjaannya tidak dibantu. Ketika sedang beberes pun kamu bisa sambil membicarakan hal-hal ringan yang penting seperti keseharian di kantor atau perkembangan si buah hati. Namanya juga rumah tangga, sudah sepatutnya saling bekerja sama kan?

3. Tidak Ada Pekerjaan yang Tertinggal

cooking
Pekerjaan terasa lebih ringan. (Foto: Pixabay/089photoshootings)

Pekerjaan rumah itu tidak boleh diremehkan karena sangat berat jika dijalani hanya oleh satu orang. Bayangkan seisi rumah harus dibereskan oleh seorang istri. Saat suami pulang pun harus buru-buru mengurus makan malamnya. Dengan kamu membantu pasangan seperti jika istri memasak maka suaminya yang mencuci piring maka semua pekerjaan bisa selesai dengan cepat.

4. Menumbuhkan Jiwa Sosial pada Anak

children
Anak-anak meniru sikap orangtua. (foto: pixabay/cherylholt)

Anak kecil akan mudah menirukan perilaku orantuanya. Ada baiknya jika kamu saling bekerja sama dalam menjaga keutuhan rumah tangga salah satunya dengan saling bertukar peran dan saling membantu. Dengan begitu anakmu akan tumbuh menjadi sosok berjiwa sosial. (mar)

BACA JUGA: 4 Kebiasaan Orang Sukses di Pagi Hari


Tags Artikel Ini

Dwi Astarini

LAINNYA DARI MERAH PUTIH