Tujuh Fraksi Resmi Laporkan Ketua DPRD ke BK

Zulfikar SyZulfikar Sy - Selasa, 28 September 2021
Tujuh Fraksi Resmi Laporkan Ketua DPRD ke BK
Ketua Fraksi Golkar Basri Baco di DPRD DKI, Jakarta Pusat, Selasa (28/9). (Foto: MP/Asropih)

MerahPutih.com - Tujuh Fraksi bersama 4 Wakil Ketua DPRD DKI Jakarta resmi melaporkan pimpinan Prasetyo Edi Marsudi ke Badan Kehormatan (BK) atas dugaan menyalahi aturan tata tertib (tatib) hak interpelasi Formula E.

Tujuh Fraksi DPRD DKI yang melaporkan Prasetyo yakni Fraksi Gerindra, Golkar, Nasdem, PPP-PKB, PAN, PKS dan Demokrat.

"Apa yang tertuang di dalam tata tertib DPRD DKI Jakarta sebagai bentuk tanggung jawab kami untuk menjaga agar lembaga terhormat ini tetap berjalan dengan baik," kata Ketua Fraksi Golkar Basri Baco di DPRD DKI, Jakarta Pusat, Selasa (28/9).

Baca Juga:

PDIP Ancam Coret Anggaran Formula E APBD DKI

Maka dari itu, lanjut Baco, pihaknya tidak mau marwah DPRD DKI tercoreng dengan tindakan yang menabrak aturan yang sudah dibuatnya. Tujuh Fraksi tak mempersoalkan interpelasi, namun prosesnya harus sesuai mekanisme.

"Maka kita punya kewajiban untuk mengingatkan siapa pun yang melanggar ketentuan dan aturan main yang ada di DPRD dan lembaganya tempat kita menyampaikan aduan tersebut adalah Badan Kehormatan," paparnya.

Situasi Rapat Paripurna Interpelasi Formula E, Gedung DPRD DKI Jakarta, Selasa (28/9/2021). ANTARA/Ricky Prayoga
Situasi Rapat Paripurna Interpelasi Formula E, Gedung DPRD DKI Jakarta, Selasa (28/9/2021). ANTARA/Ricky Prayoga


Baco bilang, 7 Fraksi menduga ada pelanggaran administrasi terhadap surat-menyurat terkait undangan Badan Musyawarah (Bamus) dan pelaksanaan rapat paripurna (rapur) yang tadi digelar.

"Maka Badan Kehormatan atau BK lah tempat kita untuk menyampaikan. Alhamdulillah sudah diterima dan sesuai ketentuan juga tadi Pak Ketua BPK sudah menyampaikan bahwa dalam waktu yang sesingkat-singkatnya akan segera diproses, seperti itu," ucapnya.

Baca Juga:

Ketua DPRD DKI Sebut Diskusi Interpelasi Formula E di Restoran Bentuk Parlemen Jalanan

Ketua BK DPRD DKI Achmad Nawawi menerima laporan tujuh fraksi tersebut. Sebelum memanggil Prasetyo, BK akan mencermati laporan terlebih dahulu.

"Badan Kehormatan dipercayakan untuk menjaga kehormatan dan marwah kita anggota dewan. Kami insyaallah akan melakukan tindak lanjut laporan kawan-kawan itu. Tapi kita tunggu saja, karena kami BK itu anggotanya merupakan seluruh anggota fraksi, utusan fraksi itu ada semua," ujar Nawawi. (Asp)

Baca Juga:

Cuma PSI-PDIP di Interpelasi Formula E, Tujuh Fraksi Kenyang Ditraktir Makan Anies?

#DPRD DKI Jakarta #Formula E
Bagikan
Ditulis Oleh

Asropih

Bagikan