Tujuh Cara Bijak Bermedia Sosial, Salah Satunya Mengerti Sisi Hukum Media sosial harus digunakan secara bijak. (Foto: Pixabay/Erik_Lucatero)

KEGIATAN bermedia sosial tak bisa dilepaskan dari kehidupan dewasa ini. Terutama bagi kalangan milenial. Bermedia sosial bukan hanya sebagai kebutuhan, tapi sudah menjadi gaya hidup sebagian orang.

Media sosial juga tak lepas dari dampak buruk. Pengguna medsos harus lebih berhati-hati dan mengerti bagaimana menggunakannya supaya tidak merugikan orang lain dan diri sendiri.

Berikut tujuh cara bijak bersosial media secara tenang dan damai dari Pendiri Gerakan #BijakBersosmed Enda Nasution. Diketahui, laporan Hootsuite pada Januari 2018 membeberkan pengguna internet di Indonesia berjumlah 131,7 juta dengan pengguna aktif media sosial mencapai 130 juta.

1. Mengerti batasan dan karakter dari platform medsos yang dipakai

Penting untuk mengerti platform sebelum bermedia sosial. (Foto: Pixabay/LoboStudioHamburg)
Penting untuk mengerti platform sebelum bermedia sosial. (Foto: Pixabay/LoboStudioHamburg)

Penting bagi pengguna sosial media untuk mengenal dan memahami karakter platform sosial media yang digunakan. Satu platform dengan platform lain memiliki kekhasan masing-masing, punya kebihan dan juga kekurangannya.

"Pahami batasan-batasan misalnya batasan pengguna, misal di Instagram. Pahami juga kita mengaksesnya melalui smartphone, misalnya, bagaimana karakternya," ujar Enda, seperti dikutip Antara.


2. Mengerti penggunannya, cara berkomunikasi berbeda satu dengan yang lainnya

Kamu harus mengerti media sosial yang kamu gunakan. (Foto: Pixabay/Foundry)
Kamu harus mengerti media sosial yang kamu gunakan. (Foto: Pixabay/Foundry)

Meski komunikasi berada di dunia maya, saat bersosial media perlu memahami kepada siapa berinteraksi. Hal tersebut penting karena komentar di sosial media merupakan jejak digital yang dapat ditelusuri dan disimpan dan berpotensi untuk diviralkan. "Kalau sama teman beda cara komunikasinya, dengan ke guru atau ke orang tua," kata Enda.


3. Mengerti sisi hukum formal dan informal ketika memakainya

Kamu harus mengerti sisi hukum sebagai batasan. (Foto: Pixabay/terimakasih0)
Kamu harus mengerti sisi hukum sebagai batasan. (Foto: Pixabay/terimakasih0)

Adanya Undang-undang Informasi dan Transaksi Elektronik (UU ITE) perlu diketahui perlu diketahui agar pengguna sosial media tak terjerat hukum.

"Hampir setiap bulan ada kasus hukum yang melibatkan penggunaan sosial media. Selain ranah hukum juga perhatikan ranah etika dalam media sosial. Sanksi sosial dibully oleh netizen," ujar Enda.

Kredit : zulfikar

Tags Artikel Ini

Zulfikar Sy

LAINNYA DARI MERAH PUTIH