Tuh Kan! Micin Memang Bikin Jadi Telmi Ilustrasi. (Foto:pixabay)

'ADUH, telmi banget, kebanyakan micin sih'.

Pastinya Anda kerap mendengar ungkapan itu. Ternyata ungkapan itu ada benarnya juga lo. Micin atau yang juga dikenal dengan monosodium glutamat (MSG), dalam kondisi tertentu, memang akan membuat seseorang jadi telat mikir (telmi).

Apa iya? Kok bisa?


Monosodium glutamat terdiri dari air, natrium, dan glutamat. Glutamat juga terkandung dalam susu, keju, daging, ikan, dan pada beberapa sayuran. Kandungan glutamat itulah yang membuat makanan terasa lebih nikmat.

Dalam penyedap rasa, kandungan asam glutamat menciptakan rasa nikmat pada makanan.

Seperti dikutip dari Hellosehat, selama ini efek samping yang umumnya dilaporkan setelah mengonsumsi makanan yang mengandung MSG memang terjadi pada sistem saraf di otak. Jadi secara enggak langsung, bisa dikatakan micin berperan membuat seseorang jadi telmi.

Faktanya, glutamat dalam micin enggak cuma bikin makanan jadi makin sedap. Zat itu juga membuat sel-sel saraf otak lebih aktif. Sel saraf yang kelewat aktif itulah yang jadi awal penyebab telmi.

Istilah telmi menggambarkan penurunan fungsi kognitif otak, seperti berpikir secara logis, mengambil keputusan, merekam informasi ke dalam ingatan, menyelesaikan masalah, dan menjaga konsentrasi.

Dalam otak, terdapat banyak saraf yang bertugas sebagai penerima rangsangan yang disebut reseptor. Reseptor terdapat di bagian otak bernama hipotalamus.

Glutamat dalam micin punya banyak reseptor yang ada di hipotalamus. Karena itu, efek kebanyakan glutamat di otak bisa membahayakan. Reseptor-reseptor dalam otak jadi terstimulasi (terangsang) secara berlebihan akibat kadar glutamat yang tinggi.

Dalam jangka panjang dan terjadi terus-menerus, aktivitas reseptor yang berlebihan malah bisa menyebabkan kematian neuron. Saat neuron yang bertugas menjalankan fungsi kognitif otak mati, kemampuan kognitif pun otomatis menurun. Akibatnya, terjadilah telmi.

Selain bikin telmi, micin juga memiliki efek buruk lain bagi sistem saraf, yaitu menyebabkan timbulnya sakit kepala, insomnia, dan kelelahan. Ditambah lagi, monosodium glutamat juga dapat menimbulkan gejala-gejala depresi dan kecemasan.

Biar enggak telmi, kuncinya ialah jangan kebanyakan pakai micin. Efek yang ditimbulkan micin memang tidak terjadi sekejap. Terbiasa menyantap makanan bermicin membuat kandungan MSG dalam tubuh menumpuk dan efeknya pun makin berasa.

Jika ingin makanan lebih sedap, coba tambahkan rempah-rempah alami seperti kunyit, jahe, lada, cengkih, kayu manis, kemiri, dan ketumbar.(*)



Dwi Astarini

LAINNYA DARI MERAH PUTIH