Tugas Berat Kepala BKPM Bahlil Lahadalia Versi Ketum HIPMI

Andika PratamaAndika Pratama - Jumat, 25 Oktober 2019
Tugas Berat Kepala BKPM Bahlil Lahadalia Versi Ketum HIPMI
Bahlil Lahadalia berbicara kepada wartawan di halaman Istana Negara usai bertemu Presiden Joko Widodo. Foto: ANTARA/Bayu Prasetyo/aa.

MerahPutih.com - Ketua Umum BPP HIPMI Mardani H.Maming optimistis Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) baru Bahlil Lahadalia punya jurus jitu mengejar keterbelakangan di investasi. Menurut Maming, tugas terberat Bahlil mengalahkan Vietnam soal iklim investasi.

"Kita optimistis Bahlil punya jurus dalam mengembalikan keadaan. Beliau banyak akalnya dan selalu berpikir out of the box," ujar Maming dalam keterangannya Jumat (25/10) di Jakarta.

Baca Juga

Anies: Berhasil Pimpin HIPMI Jaya, Afi Kalla Pantas Naik ke Jenjang Berikutnya

Hal tersebut diutarakan Maming menanggapi sorotan Presiden Joko Widodo (Jokowi) soal buruknya iklim investasi akibat banyaknya regulasi dan tumpang tindih berbagai aturan.

Presiden Jokowi telah memerintahkan untuk menata ulang berbagai regulasi dan aturan agar tidak menghambat arus masuk investasi ke dalam negeri. Maming mengatakan, tantangan terbesar Bahlil adalah bagaimana mengalahkan Vietnam untuk urusan investasi.

Ketua Umum BPP HIPMI Mardani H.Maming
Ketua Umum BPP HIPMI Mardani H.Maming

"Vietnam dulu jauh di bawah kita. Sekarang dia di atas kita. Iklim investasinya sudah sophisticated," ucap dia.

Baca Juga

HIPMI: Pidato Presiden Warning untuk Tim Ekonomi

Maming mengatakan, salah satu penyebab rendahnya realisasi investasi sebab rendahnya efisiensi dalam perekonomian dan biaya investasi. Hal ini menjadi salah satu penghambat utama mencapai pertumbuhan ekonomi secara optimal. Hal tersebut ditunjukkan dengan tingginya incremental capital-output ratio alias ICOR Indonesia dibandingkan negara-negara lain.

"ICOR Indonesia 6,6. Vietnam dan negara Asia Tenggara lainnya memiliki ICOR di kisaran 3-4," ucap Maming.

Baca Juga

Afif Kalla Berharap HIPMI Jaya Cetak Kader Pengusaha Nasional

Sebagaimana diketahui Bahlil Lahadalia merupakan Ketua Umum HIPMI 2015-2019 dan dilantik kemarin menggantikan Kepala BKPM Thomas S.Lembong dalam kabinet Indonesia Maju 2019-2024. (*)

#BKPM #Hipmi
Bagikan
Ditulis Oleh

Andika Pratama

Bagikan