Tuchel Redam Ambisi dan Rekor Pep Guardiola

Alwan Ridha RamdaniAlwan Ridha Ramdani - Minggu, 30 Mei 2021
Tuchel Redam Ambisi dan Rekor Pep Guardiola
Thomas Tuchel.(Foto: Twitter Chelsea)

MerahPutih.com - Pelatih Chelsea, Thomas Tuchel sukses menjegal ambisi Pep Guardiola memecahkan rekor sebagai pelatih keempat yang bisa menjuarai Liga Champions sepanjang kariernya.

Guardiola berkesempatan menyamai rekor Bob Paisley, Carlo Ancelotti dan Zinedine Zidane saat Manchester City memesan tempat di Stadion Dragao.

Namun, di Dragao, Tuchel mampu membimbing Chelsea mengalahkan City-nya Guardiola dengan skor 1-0 untuk menjadi juara Liga Champions. Tuchel praktis mengobati kekecewaannya yang gagal mengantarkan Paris Saint-Germain juara Liga Champions musim lalu.

Baca Juga:

The Blues Juara Liga Champions 2020-2021

Di waktu bersamaan, ia juga tren pelatih-pelatih asal Jerman menjuarai Liga Champions dalam tiga musim terakhir. Ia mengikuti jejak Juergen Klopp yang membawa Liverpool juara pada 2019 dan Hansi Flick bersama Bayern Muenchen musim lalu.

Secara keseluruhan, Tuchel adalah pelatih ke-43 yang pernah mengangkat trofi paling bergengsi di kompetisi klub Eropa.

Dibesut Tuchel, Chelsea akhirnya menjadi juara Liga Champions 2020-2021, mengalahkan Manchester City yang dibesut Pep Guardiola dengan skor tipis 1-0 yang dihelat di Estadio Do Dragao, Minggu (30/05) dini hari WIB.

Dalam pertarungan final, masing-masing pelatih melakukan perubahan pemain dalam skuadnya dari tim yang memainkan laga terakhir Premier League. Man City turun dengan taktik 4-3-3 dan Chelsea dengan taktik andalan 3-4-2-1 yang sejauh ini bekerja baik menangkal taktik City.

City mendominasi permainan dan menciptakan peluang, tetapi Chelsea bermain bagus menangkalnya. Bahkan mereka bukannya tanpa peluang dari serangan balik cepat setelah merebut bola dari para pemain Man City.

Timo Werner memiliki dua peluang dan salah satunya terdefleksi dari gawang City. Werner juga menciptakan peluang yang tepat sasaran di menit 14 dan diamankan oleh kiper Man City, Ederson Moraes.

Pergantian pertama dilakukan Tuchel dengan terpaksa di menit 39. Thiago Silva cedera dan digantikan oleh Andreas Christensen. Kedudukan masih sama kuat tanpa gol. Kedua kiper belum melakukan penyelamatan krusial.

Chelsea unggul, jelang turun minum dari serangan balik cepat di menit 42. Mason Mount memberikan umpan terobosan kepada Kai Havertz, onside, dan ia mengecoh Ederson sebelum akhirnya mencetak gol. Chelsea unggul 1-0.

Keunggulan itu bertahan hingga turun minum dan tambahan waktu babak pertama berakhir. Chelsea unggul 1-0 dan pertahanan mereka sulit dipenetrasi. Tak ayal City punya pekerjaan rumah di babak kedua nanti.

Tidak hanya tertinggal Man City juga mendapatkan kabar buruk ketika Kevin De Bruyne cedera di menit 60 usai bertabrakan dengan Antonio Rudiger. De Bruyne digantikan oleh Gabriel Jesus dan kedudukan belum berubah.

Pep Guardiola memasukkan Fernandinho dan Sergio Aguero di 15 menit terakhir pertandingan. Man City menggempur pertahanan Chelsea habis-habisan dan Chelsea mengandalkan serangan balik. Tujuh menit tambahan waktu tersisa di babak kedua.

Pertahanan Chelsea solid bertahan hingga pertandingan berakhir. Para pemain Man City dibuat frustrasi mencetak gol dan Chelsea juara Liga Champions 2020-2021 dengan kemenangan 1-0 atas Man City.

Chelsea.(Twitter)
Chelsea.(Twitter)

Susunan Pemain:

Manchester City (4-3-3): Ederson; Kyle Walker, John Stones, Ruben Dias, Oleksandr Zinchenko; Kevin De Bruyne (Gabriel Jesus 60'), Ilkay Gundogan, Bernardo Silva (Fernandinho 64'); Riyad Mahrez, Raheem Sterling (Sergio Aguero 77'), Phil Foden.

Pemain Cadangan: Fernandinho, Benjamin Mendy, Zack Steffen, Nathan Ake, Rodrigo, Aymeric Laporte, Joao Cancelo, Eric Garcia, Gabriel Jesus, Sergio Aguero, Scott Carson, Ferran Torres.

Manajer: Pep Guardiola

Chelsea (3-4-2-1): Edouard Mendy; Cesar Azpilicueta, Thiago Silva, Antonio Rudiger; Reece James, N'Golo Kante, Jorginho, Ben Chilwell; Mason Mount (Mateo Kovacic 80'), Kai Havertz; Timo Werner (Christian Pulisic 66').

Pemain Cadangan: Marcos Alonso, Callum Hudson-Odoi, Andreas Christensen, Hakim Ziyech, Willy Caballero, Christian Pulisic, Mateo Kovacic, Emerson, Billy Gilmour, Kurt Zouma, Olivier Giroud, Kepa Arrizabalaga.

Manajer: Thomas Tuchel (Bolaskor.com)

Baca Juga:

Hadiah Uang yang Diterima Manchester City dan Chelsea di Final Liga Champions

#Liga Champions Eropa #Liga Champions #Final Liga Champions #Chelsea #Manchester City
Bagikan
Bagikan