Tsunami Kecil: Pukul 16.47 WIB, Gempa Susulan 5,3 Skala Richter Melanda Halmahera Barat dan Maluku Utara

Fadhli Fadhli - Sabtu, 15 November 2014
Tsunami Kecil: Pukul 16.47 WIB, Gempa  Susulan 5,3 Skala Richter Melanda Halmahera Barat dan Maluku Utara

MerahPutih News- Tiga jam lalu, tepatnya, pukul 16.47 WIB gempa dengan kekuatan 5,3 skala richter, yang merupakan gempa susulan kembali mengguncang Halmahera Barat dan Maluku Utara.

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengatakan, gempa tersebut berpusat di 133 kilometer barat laut Halmahera Barat. Gempa terjadi di kedalaman 10 kilometer dan tidak berpotensi tsunami. Gempa ini relatif besar, pertama terjadi di titik 1.772 derajat utara 126.545 derajat timur, berkekuatan 7,3 SR. Gempa di titik tersebut pertama terjadi pukul 09.43 WIB.

Sebelum gempa kedua mengguncang Halmahera Barat dan Maluku Utara, wilayah Jailolo dan Tobelo pulau Halmahera dikejutkan dengan gempa yang berkekuatan tsunami kecil, 7,3 skala Richter yang mengguncang Ternate.

Hal inilah yang ditegaskan oleh Ridwan Samed Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah Provinsi Maluku Utara. Ia menuturkan, dari data yang diterima, BMKG mendeteksi terjadi tsunami kecil di beberapa tempat, seperti di Jailolo setinggi 0,09 meter serta di Manado dan Tobelo 0,01 meter.

Halmahera Barat dan Halmahera Selatan yang paling besar terkena dampak dari gempa berkekuatan 7,3 skala Richter tersebut. Dipastikan oleh Ridwan, di wilayah tersebut  ada infrasturuktur yang rusak.

"Namun untuk wilayah Ternate dan Tidore dilaporkan tidak ada infrastruktur yang rusak. Kami masih memfokuskan untuk wilayah di pesisir Halmahera, dan tim kami masih bekerja," ujar Ridwan kepada wartawan. (Abdi-Redaktur)

#Berita #Gempa #Nasional
Bagikan
Ditulis Oleh

Fadhli

Berkibarlah bendera negerku, tunjukanlah pada dunia.
Bagikan