Trump: Arab Saudi akan Mendanai Rekonstruksi Suriah Presiden Amerika Serikat Donald Trump berbicara pada Upacara Peringatan Pasukan Perdamaian NasionalTahunan ke-37 di U.S Capitol di Washington(ANTARA FOTO/REUTERS/Kevin Lamarque)

MerahPutih.com - Presiden Amerika Serikat, Donald Trump. menegaskan bahwa Arab Saudi akan mendanai rekonstruksi atau pembangunan kembali Suriah setelah porak-poranda akibat perang.

"Arab Saudi kini telah setuju untuk mendanai apa yang diperlukan untuk membantu membangun kembali Suriah, bukan AS,” cuit Trump di Twitter, Senin (24/12)

“Lihat? Bukankah menyenangkan ketika negara-negara yang sangat kaya membantu membangun kembali tetangga mereka, bukannya sebuah Negara Besar AS yang berjarak 5.000 mil? Terima kasih pada Saudi Arabia,” lanjutnya.

Donald Trump
Presiden Amerika Serikat Donald Trump melihat ke arah fotografer di Gedung Putih, Washington (ANTARA FOTO/REUTERS/Carlos Barria)

Sebelumnya, politisi Partai Republik itu mengeluarkan kebijakan bakal menarik sekitar 2.000 tentara AS dari Suriah. Keputusan ini mendapatkan protes dari Kongres.

Keputusan Trump diikuti pengunduran diri Menteri Pertahanan James Mattis dan Wakil Khusus Presiden Urusan Koalisi Global untuk Mengalahkan Da'esh, Brett McGurk.

Pada Agustus lalu, Arab Saudi menjanjikan bantuan 100 juta dolar AS untuk membangun kembali Provinsi Ar-Raqqah, yang diporak-porandakan oleh kelompok teror Da'esh. (*)



Andika Pratama

LAINNYA DARI MERAH PUTIH