Truk Penuh Migran Terguling, 19 Orang Tewas Ilustrasi truk terbalik (Foto: Screenshot youtube)

MerahPutih.Com - Truk bermuatan puluhan migran dari Afrika menuju Italia terguling dan menewaskan sekitar 19 orang dan 80 orang lainnya luka-luka. Truk migran nahas itu mengalami kecelakaan di dekat kota Bani Walid, Libya, Rabu (14/2).

Berdasarkan keterangan otoritas setempat, Truk yang sarat penumpang itu tidak bisa mengendalikan kecepatan lantaran banyaknya penumpang.

Mohamed al-Mabrouk, manajer rumah sakit Bani Walid, mengatakan truk itu terguling sekitar 80 km sebelah selatan Bani Walid. Sedikitnya 78 orang menderita luka-luka, delapan di antaranya cedera serius, katanya.

"Kami tidak menerima sopir itu (di rumah sakit), dan kami tidak tahu apa yang telah terjadi kepada dia," kata Mabrouk sebagaimana dilansir Antara dari Reuters. "Kemungkinan besar dia selamat kalau tidak dia dibawa ke sini." Di antara para korban ialah warga negara Somalia dan Eritrea, kata sebuah sumber militer, yang menyebutkan jumlah korban meninggal mencapai 25.

Bani Walid, yang terletak di sebelah selatan Tripoli, merupakan pusat bagi para penyelundup yang membawa migran dari kawasan sub Sahara lewat jalan darat dari negara-negara tetangga hingga ke pesisir Mediterania Libya.

Mereka sering ditahan dan diangkut dengan kondisi yang brutal, dipindahtangankan di antara para penyelundup yang meminta bayaran dan merampas uang para migran.

Suasana sejumlah negara Afrika yang penuh gejolak membuat banyak warga yang memilih migrasi ke daratan Eropa. Dari bagian utara Libya, banyak di antara para migran berusaha melintas ke Italia.(*)



Eddy Flo

LAINNYA DARI MERAH PUTIH