Trio MSG: Messi, Suarez, dan Griezmann Bisa Tembus 100 Gol Lionel Messi dan Antoine Griezmann (Twitter/FCBarcelona)

MerahPutih.com - Barcelona sepertinya sudah identik dengan apa yang disebut trio, trisula, atau tridente. Dalam beberapa tahun terakhir, Barca memunculkan trio REM (Ronaldinho, Eto'o, Messi), MSN (Messi, Neymar, Suarez), hingga MSD (Messi, Suarez, Dembele).

Kini, trio baru terbentuk menyusul kedatangan Antoine Griezmann. Messi, Suarez, dan Griezmann alias MSG memang sangat menjanjikan jika melihat rekam jejak ketiganya.

Baca Juga: Arsenal Pernah Tolak Kesempatan Datangkan Eden Hazard dan Thibaut Courtois

Memang trisula MSG sendiri belum resmi terbentuk dan masih bisa saja berubah. Hal ini mengingat masih gelapnya perkembangan saga transfer Neymar. Selain itu, Barca juga masih memiliki Ousmane Dembele dan Philippe Coutinho, yang kemungkinan besar bakal dilega atau tidak menjadi pilihan utama.

Apapun itu, trio MSG membuat publik Barca diliputi euforia. Wajar, dengan MSG Barca berpotensi membuat 100 gol pada musim 2019-20 nanti.

Infografis gol trio MSG.  (Marca)
Infografis gol trio MSG. (Marca)

Sebagai patokan, musim 2018-19 lalu Messi, Suarez, dan Griezmann berhasil mengemas total 97 gol di semua kompetisi. Sedangkan semusim sebelumnya, pada 2017-18 mereka mengoleksi 105 gol. Bahkan pada musim 2015-16, MSG mampu membuat 132 gol.

Dengan catatan tersebut, wajar jika 100 gol bersama Barcelona musim depan berada dalam jangkauan.

Memang statistik tak selamanya bisa menjadi patokan. Apalagi, ketiganya belum pernah berada dalam satu tim. Karenanya, menyatukan ketiga bintang dan mengubah mereka menjadi trio moncer menjadi tugas berat sang pelatih Ernesto Valverde.

Baca Juga: Merasa Dicurangi, Atletico Madrid Akan Laporcan Barcelona ke FIFA

Hal ini menjadi menarik karena musim lalu Valverde acap menjauhi skema tiga penyerang yang sebelumnya menjadi pakem keramat Barca. Dengan kata lain, Valverde harus membuka kembali buku taktiknya agar ketiga bintang bisa bermain dalam harmoni.

Tampil dengan tiga bintang di depan sendiri sejatinya bukan hal yang asing bagi Barca. Seperti sudah diulas, mereka pernah memiliki trio bintang, REM dan MSN.

Khusus MSN, pada awalnya banyak yang meragukan Messi, Suarez, dan Neymar bisa tampil bersama. Status ketiganya sebagai bintang menjadi alasan keraguan tersebut. Tapi, kenyataan berbicara berbeda.

Ya, MSN menjadi fenomena. Bahkan pada 2015-16 trio ini mampu mengumpulkan 131 gol dalam semusim di semua kompetisi. Catatan yang memecahkan rekor gol yang diukir trio Real Madrid, Cristiano Ronaldo, Gonzalo Higuain, dan Karim Benzema dengan 118 gol pada 2011-12.

Semantara itu, bersama Messi, Barcelona sudah dua kali menembus 100 gol dalam semusim. Pada 2011-12, Barcelona membuat total 103 gol saat lini depan mereka dihuni Messi dan Alexis Sanchez. Kala itu, dari 103 gol, 73 datang dari Messi. Sedangkan sebelumnya, tepatnya pada musim 2008-09, Barcelona mencetak 100 gol Messi, Eto'o, dan Thierry Henry.

Jadi anggapan yang menyebut trio MSG akan mampu menembus 100 gol, bukanlah isapan jempol belaka. Angka 100 memang sangat mungkin dicapai. (bolaskor.com)

Baca Juga: Capai Kesepakatan Personal, Neymar Setuju 'Balik Kucing'



Zaimul Haq Elfan Habib

LAINNYA DARI MERAH PUTIH