Trik Tidur Nyenyak untuk Tingkatkan Produktivitas selama WFH

Ananda Dimas PrasetyaAnanda Dimas Prasetya - Minggu, 26 September 2021
Trik Tidur Nyenyak untuk Tingkatkan Produktivitas selama WFH
Tidur nyenyak akan meningkatkan produktivitasmu selama WFH. (Foto: Unsplash/Lux Graves)

KURANG tidur dapat menyebabkan kehilangan energi dan fokus, sehingga sulit untuk menjadi produktif. Kita semua cenderung mengalami peningkatan stres dan penurunan kualitas komunikasi akibat harus kerja dari rumah. Kurangnya tidur juga berkontribusi pada memburuknya kesehatan fisik dan mental.

Saat merasa lelah, kamu akan merasa malas berkegiatan dan mengerjakan segala sesuatu menjadi lebih lambat. Mungkin banyak pekerjaanmu yang menjadi tertunda-tunda karena kamu merasa ngantuk. Mengutip dari berbagai sumber, inilah beberapa trik yang harus kamu lakukan agar bisa menjaga produktivitasmu selama WFH.

Baca juga:

Kurang Tidur Pengaruhi Hormon dan Menyebabkan Kenaikan Berat Badan

Menjaga kebersihan sebelum tidur adalah kebiasaan baik, ini akan membuatmu tidur lebih nyenyak. Bekerja dari rumah, bisa jadi membuat tempat tidurmu menjadi salah satu ruangan kerja. Bahkan mungkin kamu makan dan melakukan segala sesutu dengan tetap berada di atas tempat tidur.

Maka dari itu, membersihkan atau menjaga kamarmu tetap bersih akan membuatmu merasa puas dan tenang. Kamu juga bisa memilih tepat tidur atau bantal nyaman untuk menjaga kualitas tidurmu. Perlengkapan tidur yang nyaman juga akan membuatmu merasa lebih tenang dan rileks.

Trik Tidur Nyenyak untuk Tingkatkan Produktivitas selama WFH
Tentukan waktu tidur agar konsisten. (Foto: Unsplash/Mpho Mojapelo)

Tidak hanya itu, kamu juga harus mejadwalkan waktu tidurmu secara konsisten. Lebih baik kamu bangun pagi untuk mengerjakan pekerjaanmu, daripada tidur di pagi hari sambil menahan kantuk karena menyelesaikan pekerjaan.

Saat kamu mengantuk, kadar oksigen pada otak berkurang sehingga mengurangi fokusmu dalam menyelesaikan pekerjaan. Tidurlah saat kamu mengantuk untuk mengiistirahatkan otak. Lalu kerjakan kembali pekerjaanmu setelah bangun. Hal ini akan lebih efektif dan menghilangkan kebiasaan siang hari yang membuatmu sulit untuk tidur.

Baca juga:

4 Tips Mendesain Kamar Tidur Demi Mendapatkan Tidur yang Berkualitas

Setelah seharian bekerja, kamu pasti ingin bersantai sejenak sembari menonton. Namun, acara TV dan film yang intens dapat mempercepat detak jantung dan membuat kamu lebih sulit untuk tertidur. Jadi, pilihlah sesuatu yang lebih ringan sebelum naik ke kasur agar kamu bisa tidur dengan nyenyak.

Meningkatkan cahaya atau sinar matahari di ruang kerja kamu dapat membantu memerangi fenomena umum kantuk di siang hari. Bekerja di sebelah jendela atau di area rumah kamu yang diterangi sinar matahari yang cukup, dapat meningkatkan produktivitas dan memaksimalkan asupan Vitamin D.

Vitamin D juga dikaitkan dengan kuantitas dan kualitas tidur yang lebih baik, sehingga memungkinkan kamu untuk mendapatkan beberapa fungsi keuntungan dalam satu kegiatan.

Trik Tidur Nyenyak untuk Tingkatkan Produktivitas selama WFH
Memakai piyama akan membuatmu merasa ingin terus beristirahat. (Foto: Unsplash/Milan Gaziev)

Pikiran membentuk pola dalam kegiatan kita sehari-hari, seperti hubungan antara tidur dan piyama. Akibatnya, menggunakan pakaian yang sama dengan yang kita pakai untuk tidur dapat menghambat produktivitas dan membuat kita merasa mengantuk di siang hari.

Dengan bangun dan bertukar pakaian, kita memberi isyarat kepada otak kita bahwa sudah waktunya untuk menjadi produktif dan bekerja. Pada gilirannya itu akan mengarah pada peningkatan kewaspadaan dan konsentrasi.

Sukses di tempat kerja tidak hanya melibatkan kerja keras dan memiliki keterampilan yang tepat, tetapi juga memastikan bahwa pikiran dan tubuh kita beristirahat dengan baik. Bekerja dari rumah bisa menjadi tantangan, beberapa perubahan kecil dalam kebiasaan tidur dapat membantumu mengatasi rintangan ini dan memaksimalkan produktivitas. (Tel)

Baca juga:

Dekorasi Kamar Tidur untuk Mengurangi Kecemasan

#Tidur #Tips Tidur #Pola Tidur #Work From Home (WFH)
Bagikan
Ditulis Oleh

Ananda Dimas Prasetya

nowhereman.. cause every second is a lesson for you to learn to be free.
Bagikan