Trik Sukses Bisnis Tanpa Modal di Instagram Ilustrasi Logo Instagram

MEMULAI usaha tanpa modal masih dianggap kemustahilan. Wajar saja jika banyak yang beranggapan ketika ingin memulai sebuah bisnis maka harus siap-siap menyiapkan modal yang cukup besar. Padahal di era modern seperti sekarang ini, banyak sekali jenis usaha yang tak membutuhkan modal.

Jenis usaha seperti ini tentunya sangat cocok bagi Anda yang ada niatan untuk memulai sebuah usaha tapi sayangnya masih terkendala masalah modal. Maka dari itu, sekarang tak perlu takut lagi untuk mencobanya. Tidak ada alasan lagi untuk tidak memulainya dengan alasan belum memiliki modal yang cukup. Sebab banyak cara yang bisa membantu Anda untuk menjadi pebisnis tanpa modal.

bisnis tanpa modal

Meskipun demikian, pastinya di dalam pikiran Anda masih terlintas adakah cara untuk memulai usaha yang benar-benar tanpa menggunakan modal? Buang baik-baik pikiran tersebut, lalu coba langsung praktikan saja caranya.

Bisnis tanpa modal yang dimaksud di sini adalah modal untuk biya produksi atau modal untuk membeli sebuah produk yang ingin Anda jual. Jadi Anda tentunya masih tetap membutuhkan modal usaha. Contoh sederhananya saja misalnya Anda masih tetap membutuhkan smartphone dan kuota internet. Sebab media yang akan Anda pergunakan nantinya adalah Instagram. Jadi pahami dulu apa yang dimaksud tanpa modal dalam artikel ini.

Sesuatu yang paling penting untuk dipahami ketika Anda ingin memulai bisnis tanpa modal adalah menjalankannya secara serius dan konsisten. Jangan sampai Anda hanya menjadikannya untuk sekedar coba-coba saja. Jika hanya sekedar coba-coba, dijamin Anda akan merasa kesulitan untuk memperoleh hasil yang luar biasa, serta cita-cita Anda untuk menjadi jutawan sebagai seorang pebisnis sulit untuk terealisasi.

Adakah Usaha Yang Bisa Dijalankan Tanpa Modal?

Sebuah pertanyaan yang paling sering terucapkan dari orang-orang yang ada niatan kuat untuk memulai sebuah usaha tapi di sisi lain merasa kebingungan dikarenakan belum memiliki modal secara materi. Padahal yang perlu Anda pahami dan ingat beteul-betul adalah modal materi bagi seorang pebisnis yang sukses merupakan hal yang kesekian kali, bukanlah menjadi hal yang utama. Sebab akan cukup sulit jika ingin memulai sebuah usaha tapi yang dipikirkannya hanya bagaimana cara memperoleh modal untuk memulai sebuah usaha tersebut. Lebih baik Anda memikirkan hal penting lainnya, contohnya saja melihat peluang usaha.

Sebenarnya, peluang usaha inilah yang menjadi point penting dibandingkan dengan modal. Sebab memiliki kecukupan modal tapi tidak tahu peluang, maka usaha Anda juga akan sia-sia. Tapi memiliki peluang namun belum memiliki modal, Anda masih bisa menjalankan bisnis tersebut. Dengan bisa memanfaat peluang tersebut, potensi untuk bisa menjadi seorang jutawan pasti akan semakin terbuka lebar. Maka dari itu, langkah pertama yang harus dilakukan untuk memulai usaha tanpa modal adalah dengan mencari peluang usaha yang memiliki prospek cukup besar.

bisnis online

Manfaatkan Instagram Sebagai Media Bisnis Tanpa Modal

Memang benar, modal ini merupakan instrumen penting untuk memulai sebuah bisnis. Jika tidak memiliki modal, maka akan cukup sulit untuk bisa menjalankan suatu bisnis. Tapi statement semacam ini tak sepenuhnya benar. Kenapa? Sebab ternyata Anda masih bisa memulai sebuah usaha tanpa menggunakan modal, tapi tetap memiliki prospek yang cukup bagus. Salah satunya adalah dengan menggunakan media Instagram.

Masih belum percaya juga, di bawah ini adalah beberapa contoh jenis usaha yang tak membutuhkan modal dan hanya membutuhkan Instagram untuk menjalankannya:

1. Bisnis Online

Jika ada yang mengatakan jika menjalankan bisnis online harus memiliki modal maka omongan tersebut bisa dikatakan kurang begitu tepat. Yang perlu Anda ketahui sebenarnya adalah apa yang akan Anda jual dan dimana Anda mendapatkan barang tersebut.

Setelah itu, Anda tinggal melakukan promisi lewat Instagram lalu ketika konsumen sudah ada yang datang, tugas selanjutnya tinggal order barang yang dipesan tadi ke produsen.

Bahkan untuk proses pengadaan barangnya Anda bisa menggunakan uang dari konsumen terlebih dahulu. Tapi cara seperti ini sebaiknya cukup Anda lakukan pada awal-awal saja. Nantinya setelah labanya terkumpul, Anda sebaiknya menggunakan laba tersebut untuk membeli barang dari produsen.

2. Media Partner

Metode yang satu ini sangat cocok dilakukan oleh mahasiswa ataupun anak SMA yang sedang mencari dana untuk kegiatan mereka. Tapi metode seperti ini juga bisa Anda jadikan sebagai sebuah bisnis yang menguntungkan. Langkah awalnya, Anda bisa membuat akun di Instagram terlebih dahulu untuk mempromosikan sebuah event atau kegiatan tertentu.

Ketika event yang Anda promosikan tadi menarik, sudah pasti followers akan terus bertambah. Saat followers Instagram sudah semakin banyak, Anda bisa memberikan tarif kepada pihak ataupun instansi yang ingin memperomosikan kegiatannya. Berawal dari sinilah bisnis Anda dimulai.

3. Foodies

Ternyata hobi makanmu bisa Anda jadikan sebagai bisnis di Instagram. Caranya, jika Anda mampir ke sebuah restoran, jangan lupa untuk menfoto makananmu dengan angle yang menarik tentunya. Setelah itu, Anda tinggal mengunggah pada akun Instagram yang memang dikhususkan untuk foto-foto makanan.

Jangan sampai lupa untuk memberi keterangan lokasi, nama restoran, harga makanan, sampai komentar mengenai restorannya juga. Nantinya semakin banyak unggahan, secara otomatis akan semakin bertambah pula followers Instagram-mu.

Dengan menjadi foodies seperti ini, Anda bisa memperoleh keuntungan seperti kesempatan mencici makanan secara gratis di restoran atau bahkan Anda bisa saja dibayar untuk mempromosikan suatu produk makanan tertentu. Inilah yang dinamakan hobby dan bisnis bisa jalan bareng.

pelanggan diajak merasakan sensasi offroad (MP/Rizki Fitrianto)
pelanggan diajak merasakan sensasi offroad (MP/Rizki Fitrianto)

4. Traveler

Selain hobi makan, hobi jalan-jalan juga bisa Anda jadikan sebagai bisnis. Sebenarnya tidak jauh berbeda dengan foodies yang menggungah foto-foto makanan, Anda bisa mengunggah foto-foto perjalanan Anda. Ketika hasil jepretanmu bagus, sudah pasti akan banyak yang menjadi pengikut di Instagram pribadimu.

Dengan kebiasan Anda ini, dijamin akan ada beberapa tempat wisata yang menyuruh datang untuk mengulas tempat wasata tersebut. Pastinya, selain bisa jalan-jalan gratis, Anda juga akan memperoleh laba dari pengelola tempat wisata yang meminta Anda datang tadi. Sungguh sebuah bisnis yang sangat menyenangkan.

5. Jual Foto

Tahukah Anda jika ternyata foto-foto yang sering Anda unggah di Instagram itu bisa Anda jual. Jika Anda bisa memanfaatkannya, ini bisa menjadi sebuah bisnis yang sangat menguntungkan. Nantinya Anda bisa jual-foto-foto tersebut dalam bentuk cetak. Lalu bisa Anda unggah di situs tertentu.

Villa Kayu Rubicon, tipe penginapan dua lantai di JSI Resort dengan struktur kayu. (Foto: MP/Rizki Fitrianto)
Villa Kayu Rubicon, tipe penginapan dua lantai di JSI Resort dengan struktur kayu. (Foto: MP/Rizki Fitrianto)

Danield Arnold adalah salah satu orang yang sukses menjalankan bisnis seperti ini. Dengan hanya menjual foto koleksinya yang bertema urban, Danield ini bisa meraup keuntungan sampai ratusan juta rupiah hanya dalam waktu sehari saja. Nominal yang terbilang sangat fantastis.

Beberapa jenis bisinis di atas memang terkesan sepele. Tapi di era modern seperti sekarang ini, hal sepele semacam itu justru bisa mendatangkan banyak keuntungan. Jadi seperti itulah contoh beberapa jenis usaha tanpa modal dengan media Instagram yang bisa Anda pilih. (*)

Artikel Ini diolah Merahputih.com dari berbagai sumber.



Wisnu Cipto

LAINNYA DARI MERAH PUTIH