Wisata

Trik Pintar Jaga Berat Badan saat Wisata Kuliner

Dwi AstariniDwi Astarini - Selasa, 11 September 2018
Trik Pintar Jaga Berat Badan saat Wisata Kuliner
Wisata kuliner berpotensi meruntuhkan diet. (Foto: Pexels/stevepb)

SEMUA pasti setuju susah melepaskan keinginan mencicip berbagai penganan saat berlibur. Ya, wisata kuliner memang berpotensi merusak rencana diet kamu.

Makanan lezat berkalori tinggi di destinasi wisata yang kamu kunjungi amat mungkin meruntuhkan perjuangan dalam menerapkan pola makan sehat. Kamu tentu tak mungkin melewatkan sesi wisata kuliner saat melancong kan?

Nah, biar enggak terlalu kebobolan, berikut cara sederhana untuk tetap menjaga berat badan saat melancong.


1. Masak Selama Bisa

cooking
Aturlah agar kamu bisa memasak makanan sehat selama liburan. (foto: Pixabay/poppicnic)

Bagi kamu yang bisa masak, pilihlah hotel yang menyediakan dapur di kamar. Jika tidak memungkinkan, carilah penginapan yang menyediakan dapur publik. Memasak sendiri makanan kamu jauh lebih sehat daripada membeli makanan di luar. Kamu tahu kandungan gizi dari makanan tersebut dan paham bagaimana mengolah makanan tersebut agar nutrisinya tidak hilang.

2. Pilihlah Lokasi Sesuai Makanan

asinan betawi
Pilih menu yang sehat, seperti sayur mayur. (Foto: youtube)

Jika salah satu agenda kamu dalam melancong ialah wisata kuliner, pilihlah daerah dengan santapan khas yang sehat. Makanan khas pulau Jawa jauh lebih sehat ketimbang makanan Sumatra. Hal tersebut karena kandungan santan yang ada di makanan Jawa jauh lebih sedikit daripada masakan Sumatra. Pilihlah makanan berbahan dasar sayur mayur agar lebih sehat.

3. Hindari Mengonsumsi Minuman tak Sehat

air
Selalu pilih air putih sebagai minuman pelepas dahaga. (foto: Pixabay/PublicDomainPictures)

Ketika melancong, kamu cenderung sembrono dalam memilih minuman. Kamu cenderung memilih minuman bersoda atau minuman manis karena lebih menyegarkan. Minuman bersoda memang dirasa ampuh menghilangkan dahaga kala berpanas-panasan mengeksplorasi tempat wisata. Kandungan gula dan kalori yang terdapat di minuman bersoda sangat tinggi dan tentu saja berbahaya bagi kesehatan. Maka dari itu, pilihlah air putih untuk menemani perjalanan liburanmu.

4. Berbagi Makanan dengan Teman

Berbagi makanan mencegah mengasup kalori berlebih. (foto: Pixabay/rawpixel.com)

Melancong dengan teman atau pasangan wisata kuliner jauh lebih menyenangkan dan menyehatkan. Pilihlah makanan khas di daerah wisata dan berbagilah makanan dengan temanmu. Ketika berbagi makanan, porsi makanan yang kamu asup lebih sedikit. Kamu tetap bisa merasakan kelezatan makanan dengan jumlah kalori lebih rendah.

Tak susah kan untuk tetap pada pola makan sehat saat liburan. Apabila cermat, kamu tetap bisa mempertahankan berat badan ideal saat liburan. (avia)

#Wisata Kuliner
Bagikan
Ditulis Oleh

Iftinavia Pradinantia

I am the master of my fate and the captain of my soul
Bagikan