Trik Menyimpan Sayur dan Daging Selama Pandemi Ada trik menyimpan daging selama pandemi (Foto: Pixabay/RitaE)

PANDEMI virus corona baru atau COVID-19 memang membuat kebiasaan kita berubah. Itu karena rutinitas yang biasa dilakukan di luar rumah seperti bekerja dan bersekolah harus dilakukan di rumah. Tujuannya yakni mencegah penyebaran virus yang berasal dari Wuhan, Tiongkok.

Frekuensi berbelanja pun menjadi berubah. Banyak orang yang cenderung membeli bahan makanan lebih banyak untuk persediaan beberapa waktu. Oleh karena itu sangat penting mengetahui cara menyimpan bahan makanan seperti daging, sayur dan buah.

Baca juga:

Enaknya Tempe untuk Menu Berbuka Puasa

Jangan dicuci bila belum ingin dimasak (Foto: Pixabay/Free-Photos)
Jangan dicuci bila belum ingin dimasak (Foto: Pixabay/Free-Photos)

Dilansir dari Antaranews.com, dokter spesialis gizi klinik Cindiawaty Pudjiadi dalam bincang-bincang daring, Jumat (1/5) menjelaskan sebaiknya bahan-bahan belanja langsung dibersihkan dan dikemas untuk sekali masak. Khusus daging, pisahkan dalam plastik vakum atau wadah kedap udara.

Jika kamu membeli daging untuk lima kali masak, maka potong menjadi lima porsi lalu taruh di wadah terpisah. Selain praktis, pemisahan juga mencegah risiko kontaminasi. "Kalau beli banyak tidak dipisah-pisahkan, bolak-balik dikeluarkan dari freezer, risiko kontaminasi semakin tinggi," ucapnya.

Baca juga:

Ketahui 5 Manfaat Shea Butter Bagi Kulit!

Perlakuan berbeda setiap sayur (Foto: Pixabay/Shutterbug75)
Perlakuan berbeda setiap sayur (Foto: Pixabay/Shutterbug75)

Sebelum masuk ke lemari pendingin, daging tak perlu dicuci. Kamu bisa mencucinya ketika ingin mengolah daging tersebut. Sementara untuk sayur bersihkan dengan air mengalir agar sayur bebas dari kontaminasi. Sebelum disimpan, tiriskan lalu dikeringkan.

"Bungkus dengan tisu dapur, lalu simpan di kulkas," tambah dia.

Cara menyimpan sayur pun berbeda. Ada beberapa sayur yang tak perlu dicuci sebelum disimpan, seperti brokoli. Ia juga mengingatkan brokoli sebaiknya segera dikonsumsi karena sayuran tersebut tidak tahan lama. Sementara tomat bisa disimpat pada suhu ruang, asalnya jauh dari sinar matahari. (Yni)

Baca juga:

Kapan Bisa Ajari Anak Berpuasa?


Tags Artikel Ini

Muchammad Yani

LAINNYA DARI MERAH PUTIH