Trik Mengurangi Ketagihan Junk Food Junk food (Foto: Pixabay/Unijewels)

JUNK food memang menjadi makanan yang membuat kita ketagihan. Hal tersebut karena kandungan junk food mampu membantu pelepasan zat kimia bahagia atau serotonin, zat yang memainkan peran penting dalam menghasilkan perasaan senang serta bahagia.

Sayangnya, makanan ini sangat tidak sehat. Bahkan beberapa penyakit bisa ditimbulkan jika sering mengonsumsi makanan tersebut. Oleh karena itu sangat penting untuk setidaknya mengurangi junk food. Dilansir dari Medical Daily, berikut kiat-kiatnya.

Baca juga:

Bukan Cuma Salmon, Ikan Kembung Juga Kaya Omega-3


1. Berolahraga

Berolahraga (Foto: Pixabay/stevepb)
Berolahraga (Foto: Pixabay/stevepb)

Salahs atu cara agar kita bisa mengurangi makanan junk food ialah berolahraga. Berdasarkan penelitian di tahun 2015, jalan cepat selama 15 menit mampu menurunkan hasrat menyantap kudapan tak sehat.

2. Tetap hidrasi

Tetap hidrasi (Foto: Pixabay/congerdesign)
Tetap hidrasi (Foto: Pixabay/congerdesign)


Cara lainnya yakni tetap terhidrasi. Setiap kamu lapar dan ingin junk food, minumlah air dan pastikan kamu tetap terhidrasi dengan minum 64 ons air setiap hari. Jika sedang menjalani diet tertentu, minum air putih setiap kali kamu merasa lapar, bahkan setelah mengonsumsi makanan.

Baca juga:

Bukan Karena Virus Corona, Ini Alasan Gerai McDonald's Sarinah Tutup

3. Buat rencana

Buat rencana (Foto: Pixabay/Wokandapix)
Buat rencana (Foto: Pixabay/Wokandapix)


Cara ini bisa kamu lakukan guna memuaskan diri kamu di satu waktu. Buatlah jadwal untuk menyantap junk food atau makanan tak sehat, misalnya sebulan sekali. Membuat rencana seperti ini juga akan mempermudah kamu ketika menjalani diet sehat.

4. Hindari pemicu

Hindari pemicu (Foto: Pixabay/ChequeredInk)
Hindari pemicu (Foto: Pixabay/ChequeredInk)


Stres, tertekan atau kesepian mampu memicu ingatan yang terkait dengan makanan tertentu. Selain itu pemicu sensorik seperti bau atau visual juga bisa membuat orang tertarik mengonsumsi makanan tertentu. Oleh karena itu, waspadai pemicu-pemicu tersebut, terutama selama pandemi COVID-19. (Yni)

Baca juga:

Ini 5 Tips Memasak Out of the Box yang Sangat Membantumu!


Tags Artikel Ini

Muchammad Yani

LAINNYA DARI MERAH PUTIH