Trik Mengosongkan Memori Ponsel Buatlah ruang kosong di memori dengan menghapus file. (Foto: androidcentral)

SANGAT menyebalkan bila tiba-tiba ponsel menjerit tidak punya ruang kosong lagi. Mulailah kamu membuang-buang file-file lama yang tidak penting. Seperti foto, dokumen, video atau lagu. Namun masih saja ruang kosong sangat sedikit. Bisa jadi memang kapasitas memori ponsel kamu sedikit.

Terlepas dari kapasitas memori yang sedikit, ada berbagai trik yang dapat kamu lakukan untuk membuat ruang kosong di ponsel. Umumnya orang berpikir dengan membuang beberapa file yang besar dan tidak penting akan mendapatkan ruang kosong. Padahal tidak sepenuhnya benar.

ponsel
Hapus data cache. (Foto: androidcentral)

Forum MIUI membeberkan beberapa trik bagi kamu mendapatkan ruang kosong di ponsel.


Bersihkan Cache Data Aplikasi

Cache adalah data yang tersimpan oleh aplikasi kamu. Kegunaannya ketika kamu kembali menggunakan aplikasi itu akan melanjutkan pada sesi terakhir kamu memakainya. Jangan khawatir kamu dapat menghapuskannya dengan masuk ke Setting kemudian Storage. Pada Storage kamu tap Cached Data yang akan menghapus semua cache yang ada. Lakukan secara periodik akan membuat ponsel kamu lebih sehat.

Pakai Cleaner App

Biasanya aplikasi ini akan memberikan kamu pilihan data yang hendak dihapus. Data-data ini tak mudah dibersihkan beegitu saja. Namun dengan cleaner ini biasanya data tersebut akan hilang dengan pasti. Hanya dengan satu tap saja, kamu sudah memiliki ruang kosong di ponsel.

ponsel
Unsinstall aplikasi lama. (Foto: androidcentral)


Uninstall Aplikasi Tak Terpakai

Terkadang kita menginstall aplikasi untuk kebutuhan tertentu pada saat itu saja. Kemudian tidak dipakai lagi. Sebaiknya aplikasi yang tak terpakai itu diuninstall. Biasanya kapasitas yang dikosongkan lumayan memberikan ruang bagi file yang hendak kamu masukan.

Simpan Foto dan Video di Cloud

Foto dan video selain aplikasi yang paling banyak memakan memori ponsel kamu. Kenangan yang ada di dalamnya membuat foto dan video itu tak pernah dibuang. Namun ada baiknya kamu menyimpannya di tempat lain. Kamu bisa menyimpannya pada Cloud, kartu microSD atau komputer. Kamu tetap memiliki kenangan meskipun tidak di ponsel kamu.


Pergunakan Fasilitas microSD

Ponsel kekinian sudah dilengkapi dengan slot yang dapat dipergunakan untuk kartu microSD. Ponsel biasanya juga memiliki fitur penyimpanan otomatis yang diarahkan pada kartu microSD. Jadi sebaiknya semua media yang hendak disimpan sebaiknya dimasukan pada kartu microSD. (psr)

Kredit : paksi

Tags Artikel Ini

Paksi Suryo Raharjo

LAINNYA DARI MERAH PUTIH