Trik Menghindari Tertipu Beli Pre-Order Album K-pop di Sosmed Twitter Hati-hati membeli pre order album K-Pop. (Foto: Pexels/Ekaterina Bolovtsova)

GRUP idola k-popmu baru saja merilis album baru dan terbatas. Tentu kamu tidak ingin melewatakan kesempatan untuk ikutan pre-order (PO). Kamu membuka Twitter dan menemukan banyak online shop dengan tawaran menggiurkan. Namun, gimana ya biar enggak ketipu?

Grup idola k-pop dalam setahun dapat mengeluarkan dua hingga tiga album. Terkadang mereka akan mengeluarkan versi limitednya yang memiliki beberapa kelebihan daripada yang standar. Tergiur dengan album-album tersebut, biasanya para kpopers akan mencari melalui media sosial, seperti Twitter.

Baca Juga:

Cara Tembus Agensi Terbesar Kpop Kalau Enggak Punya Bakat Menari dan Cuma Bisa Sikap Lilin

pre
BTS 'Dynamite; limited edition vinyl sdan cassette merupakan salah satu album k-pop yang mengeluarkan versi limited. (Foto: koreaboo.com)

Di Twitter pun online shop banyak yang menawarkan pre-order untuk album k-pop idola kamu. Seolah berlomba-lomba menawarkan berbagai penawaran dengan iming-iming menggiurkan. Sekarang ini, tidak jarang setiap e-commerce dari Korea atau yang bekerjasama dengan agensi grup idola tersebut akan memberikan keuntungan lebih. Online shop yang ada di Twitter pun menggunakan kesempatan tersebut untuk menarik pelanggan.

Kamu yang suka membeli album secara PO tetap harus hati-hati. Jangan hanya karena tergiur dengan benefit dan harga malah jadi tertipu. Berikut ini ada beberapa cara untuk mengecek online shop di Twitter.

1. Online Shop yang rekomen

pre
Bertanyalah pada teman kpopers lainnya. (Foto: Pexels/mentatdgt)

Kalau kamu punya teman kpopers dan suka jajan merchandise kpop, bisa banget buat nanya ke dia. Kamu bisa tanya-tanya ke dia apa saja yang harus kamu cek soal album yang ingin kamu beli. Rekomendasi dari teman memang bagus, tapi tetap cek dulu ya.

Kamu harus terus melakukan cek dan ricek online shop tersebut. Minta bantuan orang-orang terdekatmu untuk ikut mengecek online shop yang kamu tuju. Akan lebih bagus kalau orang-orang tersebut yang terbiasa 'jajan' di dunia k-pop. Jangan asal mentransfer uangmu karena harganya yang murah.

Dilansir dari grahanurdian.com, jumlah orang yang membeli secara online mencapai 168,3 juta sepanjang tahun 2019 di Indonesia. Orang Indonesia cukup gila dalam berbelanja online. Bahkan, menurut Riset Bain & Company, di tahun 2025 sektor belanja online di Indonesia diprediksi tumbuh 3,7 kali lipat dari tahun 2017.

2. Lihat testimonialnya

pre
Testimonialnya harus mampu meyakinkan. (Foto: Unsplash/Morning Brew)

Kalau kamu kelewatan PO di tempat rekomendasi temanmu, kamu bisa mulai cari online shop yang punya banyak testimonial. Kalau testimonialnya cukup menyakinkan dan cukup update, kamu boleh cek cara berikutnya. Kamu juga boleh loh mengecek testimonial walaupun sudah online shop tersebut sudah direkomendasikan teman sebagai jaga-jaga.

Baca Juga:

Gaya Baru Belanja di Masa Pandemi

3. Harus punya akun e-commerce

preorder
Online shop yang baik memiliki ekun e commerce. (Foto: Pexels/PhotoMIX Company)

Online shop yang dapat dipercaya adalah yang punya akun e-commerce seperti Shopee atau Tokopedia. Melalui e-commerce kamu dapat melunasi uang albummu karena biasanya online shop menawarkan untuk membayar DP terlebih dahulu dan pelunasan ketika album telah sampai di tempat mereka. Selain itu, melalui e-commerce kamu tidak perlu takut tertipu karena dapat menggunakan fitur yang ada di aplikasi. Menggunakan e-commerce juga memungkinkanmu untuk mendapatkan gratis ongkir.

Bisa jadi tidak menutup kemungkinan timbul banyak kejahatan daring. Dilansir dari patrolisiber.id, sebanyak 2.266 penipuan online terlapor dari 2019 hingga Agustus 2020. Jenis penipuannya dapat berupa banyak hal. Jika mengenai PO album, bisa saja album yang kamu tunggu-tunggu tidak datang sama sekali, penjual hilang di saat kamu menuggu info, atau album yang datang tidak sesuai dengan yang dipesan.

4. Ikut sharing group

pre
Sharing group membantu memberikan rasa aman. (Foto: Unsplash/You X Ventures)

Sharing group adalah tempat kamu dan pembeli lain dimasukkan dalam satu grup di salah satu aplikasi pesan singkat, seperti Line atau Whatsapp. Grup ini bertujuan untuk memberikan info soal album dan harga. Keberadaan grup ini penting untuk memberikan rasa aman kalau ternyata orang-orang yang satu grup denganmu memiliki kesamaan. (may)

Baca Juga:

5 Barang Unik di Situs Belanja Daring, Ternyata Cukup Fungsional

LAINNYA DARI MERAH PUTIH
Atasi Kurang Gerak dengan Smartwatch
Fun
Atasi Kurang Gerak dengan Smartwatch

Pada umumnya smartwatch dilengkapi fitur penunjang kesehatan dan kebugaran

3 Cara BTS Menginspirasi Perubahan Baik di Dunia
ShowBiz
3 Cara BTS Menginspirasi Perubahan Baik di Dunia

Telah menginspirasi ARMY untuk ikut ambil bagian.

Bantu Musisi Independen, Bandcamp Luncurkan Layanan Live Streaming
ShowBiz
Bantu Musisi Independen, Bandcamp Luncurkan Layanan Live Streaming

Layanan ini memungkinkan musisi melakukan konser virtual yang terintegrasi oleh situs Bandcamp.

Will Mara Cerita Kenangan Manis Mantan Kekasih di ‘Chocolate’
ShowBiz
Will Mara Cerita Kenangan Manis Mantan Kekasih di ‘Chocolate’

Kali ini dirinya kembali dengan komitmennya menelurkan karya terbarunya melalui sebuah EP yang dimulai dengan lagu pertamanya di tahun ini berjudul chocolate.

Cegah Infeksi pada Miss V, Sebelum Terlambat
Fun
Cegah Infeksi pada Miss V, Sebelum Terlambat

Penyakit ini harus segera diobati agar tidak mengganggu keseimbangan fungsi reproduksi.

Nvidia Rilis Teaser GeForce RTX 3080 Ti
Fun
Nvidia Rilis Teaser GeForce RTX 3080 Ti

Sebuah video teaser misterius berdurasi 11 detik dari Nvidia telah muncul di Twitter.

Harga Bitcoin Pecahkan Rekor Tertinggi Sepanjang Sejarah
Fun
Harga Bitcoin Pecahkan Rekor Tertinggi Sepanjang Sejarah

Bitcoin akhirnya menembus rekor Rekor Tertinggi Sepanjang Sejarah, yakni Rp500 juta.

Cyberpunk 2077 akan Kembali ke PlayStation Store
Fun
Cyberpunk 2077 akan Kembali ke PlayStation Store

Developer mengatakan bahwa banyak perbaikan dalam game ini.

Patty Jenkins Putuskan Rilis Wonder Woman 1984 di HBO Max
ShowBiz
Patty Jenkins Putuskan Rilis Wonder Woman 1984 di HBO Max

Warner Bros. mengumumkan pekan lalu mereka akan membuat seluruh film 2021 studio tersedia untuk pelanggan HBO Max

Tongkrongan Asyik Anak Mobil
Fun
Tongkrongan Asyik Anak Mobil

Tak melulu anggapan miring.