Trik Jitu untuk Menghindari dan Mengatasi Tantrum Anak Selama Liburan Cara Menghindari dan Mengatasi Tantrum Anak Selama Liburan (Foto: Pixabay/Public Domain Pictures)

BAGI kamu yang sudah berkeluarga dan memiliki anak kecil, liburan pastinya dijadikan kesempatan untuk menjalin ikatan agar hubungan kekeluargaan semakin erat. Waktu yang sangat luang bisa kita gunakan untuk membayar hutang waktu yang tidak bisa kita berikan untuk bermain dengan anak sewaktu sibuk bekerja di kantor.

Tetapi mood anak kecil seringkali naik turun dan kebanyakan orang tua tidak mengerti kenapa dan harus bagaimana. Ketika sedang liburan ke luar kota atau ke luar negeri dan berkumpul bersama keluarga besar bisa repot nih kalau anak mengalami tantrum, seperti meledak dan tidak bisa dikendalikan.

Rebecca Schrag dalam bukunya yang berjudul The Tantrum Survival Guide, kunci utamanya adalah komunikasi dan berada di pihak anak. Anak yang orang tuanya sibuk bekerja akan meminta perhatian lebih dengan cara-cara ajaibnya. Bagaimana ya strategi untuk mengatasinya?

1. Biarkan Anak Memilih Pakaian Sendiri

Trik Jitu untuk Menghindari dan Mengatasi Tantrum Anak Selama Liburan
Biarkan anak memilih pakaiannya sendiri saat berkemas (Foto: Pixabay/Terri C)

Sebagai orang tua pastinya ingin sekali mendandani anak dengan pakaian yang lucu. Tetapi ini bisa memicu tantrum pertama lho ketika sudah sampai di tempat tujuan liburan nanti. Anak bisa tiba-tiba marah dan menangis karena tidak mau memakai pakaian yang kita pilih.

Baca juga:

Perhatikan Hal Ini Sebelum Mengajak Anak untuk Traveling

Maka dari itu biarkan anak yang memilih pakaiannya sendiri dan memasukannya ke dalam tas. Ini juga bisa dijadikan waktu yang tepat untuk menambah kedekatan sekaligus mengajari anak untuk memilih dan merapikan pakaiannya sendiri.

2. Ketika Anak Tidak Mau Memakan Makanannya

Trik Jitu untuk Menghindari dan Mengatasi Tantrum Anak Selama Liburan
Biarkan anak memilih makanan yang diinginkan (Foto: Pixabay/Avitalchn)

Salah satu hal yang bikin pusing sekaligus gregetan adalah ketika anak tidak mau makan makanannya, terlebih ketika masa liburan. Triknya adalah jelaskan satu per satu menu makanan yang ada di restoran tersebut dan giring anak pada makanan yang bervariasi.

Baca juga:

Liburan ke Luar Negeri Bawa Balita, Berikut Hal yang Harus Diperhatikan Orang Tua

Anak bisa bosan dan marah ketika makanannya tidak bervariasi. Contohnya ketika memesankan sayur, usahakan dalam sayur tersebut ada berbagai warna seperti oranye, hijau, dan kuning. Sambi makan jelaskan manfaat dari makanan yang mereka makan. Mereka akan lebih bersemangat dan secara tidak sadar menghabiskan makanannya.

3. Toilet Tantrum

Trik Jitu untuk Menghindari dan Mengatasi Tantrum Anak Selama Liburan
Atur pola buang air anak (Foto: Pixabay/Openlcons)

Perhatikan pola buang air anak selama liburan sebelum berkunjung ke tempat-tempat seperti museum, opera, atau tempat wisata lain.

Baca juga:

Tingkatkan Kepercayaan Diri Anak dengan Travelling, dari Baca Peta hingga Bertemu Orang

Mulailah dari mengatur pola makan dan minum anak sehingga kamu bisa tahu kapan anak akan buang air kecil kapan anak akan buang air besar.

Memang agak sulit tapi bisa diusahakan. Biasakan anak untuk buang air terlebih dahulu sebelum jalan-jalan karena kalau anak-anak sudah kebelet, emosinya bisa meledak.

4. Drama Foto

Trik Jitu untuk Menghindari dan Mengatasi Tantrum Anak Selama Liburan
Jangan terlalu sering berfoto (Foto: Pixabay/Victoria Borodinova)

Kalau ini sudah pasti sering dialami oleh orang tua bahkan di hari-hari biasa. Triknya sebenarnya simple, cukup satu foto saja tiap berkunjung ke satu tempat wisata, walaupun rasanya gemes ya ingin foto sana-sini. Tetapi daripada anak emosi meledak dan tambah repot, lebih baik mengalah saja deh. (mar)



Ananda Dimas Prasetya

LAINNYA DARI MERAH PUTIH