Trik Jitu Bikin Kamar Mandi Selalu Segar dan Wangi Ada cara khusus untuk membuat kamar mandi selalu segar dan wangi. (Pixabay_keresi72)

SETIAP kali masuk ke kamar mandi mal atau kamar mandi hotel mewah, salah satu hal yang tebersit dalam pikiran ialah betapa segar dan wanginya kamar mandi tersebut. Rasanya jauh berbeda seperti kamar mandi di rumah yang lebih sering berbau tak sedap. Belum lagi kemunculan ada serangga seperti kecoa, cacing, atau kalajengking keluar dari saluran air saat mandi. Tak jarang lalat pun hinggap di dinding sebagai alarm bahwa sudah waktunya kamu membersihkan kamar mandi. Malu deh jika ada tamu berkunjung saat kamar mandi masih bau tak sedap.

Seperti dilansir Decorface.com, sebenarnya membersihkan kamar mandi secara berkala saja tidak cukup untuk membuat ruangan tersebut tetap dalam keadaan segar dan wangi. Karena kamar mandi merupakan tempat yang cenderung lembap dan menyimpan sisa-sisa kotoran dari tubuh yang terbawa oleh aliran air, ruangan tersebut memang menjadi salah satu area di dalam rumah yang memerlukan perhatian khusus. Selain dibersihkan secara rutin, kamu juga perlu memerhatikan hal-hal kecil yang sering dilupakan seperti berikut.

BACA JUGA:

4 Elemen Penting Menata Rumah Bergaya Retro

1. Ventilasi udara

Kamar mandi memang merupakan ruangan yang memerlukan privasi lebih ekstra jika dibandingkan dengan ruangan lain. Meskipun begitu, kamar mandi tetap membutuhkan ventilasi seperti jendela kecil agar tidak ada udara yang terperangkap terlalu lama di ruangan tersebut. Jika letak kamar mandi tidak memungkinkan untuk dipasang jendela, kamu tetap bisa memanfaatkan exhaust fan sebagai saluran pergantian udara. Ventilasi udara yang ideal akan membuat kamar mandi tetap terjaga kesegarannya sepanjang hari.

pengharum ruangan
Kamar mandi membutuhkan pengharum khusus. (Foto: Pixabay_yhahn)

2. Pastikan lantai kamar mandi tetap kering

Memang sudah sewajarnya kamar mandi akan selalu dalam keadaan lembap. Tetapi kamu tetap harus meminimalkan kondisi lembap agar kotoran tidak mengendap dan menggenang bersama air terutama di area lantai kamar mandi. Selalu gunakan serokan air sesaat setelah mandi agar lantai kamar mandi selalu dalam keadaan bersih dan kering.

BACA JUGA:

Tips Terapkan Konsep Rumah Tumbuh

3. Tanaman

Beberapa jenis tanaman seperti lidah mertua, bunga peace lily, atau sirih gading merupakan tanaman yang mampu menyerap lembap sekaligus racun di sebuah ruangan. Selain menambah estetika sebuah ruangan, ketiga jenis tanaman tersebut sangat cocok untuk kamar mandi yang memang cenderung lembap dan berpotensi menyimpan racun dari kotoran-kotoran bekas mandi. Tanaman penyerap lembap akan menjaga kesegaran kamar mandi lebih lama.

tanaman
Beberapa jenis tanaman mampu menyerap lembap dan racun di dalam ruangan. (Foto: Pixabay_ignartonosbg)

4. Gunakan pewangi

Kunci utama dari kamar mandi yang selalu wangi tentu saja bukan hanya dibersihkan secara rutin. Kamu tetap memerlukan bantuan dari pengharum ruangan khusus kamar mandi seperti pengharum semprot otomatis atau reed diffuser yang bisa bertahan hingga sebulan.

5. Cek saluran air

Sudah membersihkan kamar mandi secara rutin dan menggunakan pengharum ruangan khusus tapi masih terdapat aroma tak sedap? Sebaiknya kamu segera cek seluruh saluran air yang terdapat di dalam ruangan tersebut. Mulai dari saluran pembuangan air di lantai kamar mandi, sampai saluran air yang terdapat di wastafel.

Saluran air merupakan area yang penuh dengan kotoran dan menjadi habitat dari beberapa jenis serangga sehingga sudah pasti menyebabkan bau tak sedap. Tahap pertama yang harus kamu lakukan adalah menyiram setiap saluran dengan air panas agar lumut yang menempel pada dinding pipa luruh. Air panas juga mampu mengusir serangga yang tinggal di dalam saluran air. Setelah itu gunakan campuran air lemon atau cuka dengan baking soda untuk mencegah bau tak sedap muncul kembali.(Mar)

BACA JUGA:

5 Tips Memulai 'Slow Decorating' Demi Estetika Rumah

LAINNYA DARI MERAH PUTIH
Mengenang Kisah Hidup Tan Malaka Sang Pahlawan Nasional
Fun
Mudik Gratis Bersama Perusahaan Teknologi
Hiburan & Gaya Hidup
Mudik Gratis Bersama Perusahaan Teknologi

Program mudik gratis ini merupakan inisiatif di luar layanan reguler.

Dokter Sarankan Lansia Jangan Sering Mandi, Ini Alasannya
Fun
Dokter Sarankan Lansia Jangan Sering Mandi, Ini Alasannya

Terlalu sering mandi bagi lansia bisa menyebabkan kulit jadi semakin kering.

Mercedes-Benz Ungkap Cara Hadapi Krisis Chip
Fun
Mercedes-Benz Ungkap Cara Hadapi Krisis Chip

Solusi untuk menghadapi krisis chip semikonduktor global ala Mercedes-Benz Distribution Indonesia.

Unik, Toko di Thailand Sediakan 70 Jenis Mi Instan dari Seluruh Asia
Fun
Unik, Toko di Thailand Sediakan 70 Jenis Mi Instan dari Seluruh Asia

Mi instan juga bisa langsung dimasak dan dimakan.

James Cameron Ungkap Alasan Rilis Ulang 'Avatar' di Bioskop
Fun
James Cameron Ungkap Alasan Rilis Ulang 'Avatar' di Bioskop

Film 'Avatar' akan tayang kembali dalam bersi 4K High Dynamic Range.

Mejeng di IMOS 2022, Husqvarna Norden 901 Resmi Masuk Pasar Indonesia
Fun
Mejeng di IMOS 2022, Husqvarna Norden 901 Resmi Masuk Pasar Indonesia

Husqvarna Norden 901 pertama kali ditunjukan di EICMA Show 2019.

Mahkota St. Edward untuk Penobatan Raja Charles III
Fun
Mahkota St. Edward untuk Penobatan Raja Charles III

mahkota ini juga dihiasi dengan 444 batu mulia

Anak-Anak Pengukir Masa Depan Peradaban Manusia
Fun
Anak-Anak Pengukir Masa Depan Peradaban Manusia

Anak-anak harus diberikan ruang yang aman dan nyaman.

4 Rekomendasi Tayangan Baru di Viu Akhir Tahun
ShowBiz
4 Rekomendasi Tayangan Baru di Viu Akhir Tahun

Tayangan ini termasuk dua drama dengan musim terbaru.