Trik Berolahraga di Kala Puasa Berolahraga saat puasa (Foto: Pixabay/stevepb)

BEROLAHRAGA di kala puasa memang bukan hal lumrah di kalangan masyarakat Indonesia. Alasannya sederhana, yakni kegiatan ini bisa meningkatkan rasa haus dan lapar. Padahal olahraga sambil berpuasa masih bisa dilakukan dengan memperhatikan beberapa hal.

Dilansir dari Antaranews.com master trainer zumba, Umar Syarif, mengatakan berpuasa bukanlah alasan untuk berhenti bergerak aktif. Kita masih berolahraga dengan mengubah porsinya dibandingkan dengan bulan biasa.

Baca juga:

Nasi Kebuli Berbahan Susu, Hidangan Lebaran Ala Chef Devina Hermawan

Olahraga saat puasa? Kenapa enggak (Foto: Pixabay/stevepb)
Olahraga saat puasa? Kenapa enggak (Foto: Pixabay/stevepb)

"Seperti volume dan intensitas diturunkan, sekitar 40-70 persen. Ini untuk menjaga agar tetap di performance kita, agar ototnya tidak lemas," kata Umar.

Bukan hanya itu, mantan atlet karate tersebut menjelaskan olahraga bukan hanya baik intuk fisik, melainkan juga memperkuat mental serta pola pikir. "Tergantung mindset kita. Ini challenge juga. Dengan mengatur volume latihan dengan baik, bukan hanya mengubah fisik, namun mental kita juga semakin kuat," tuturnya.

Baca juga:

Awas, Langsung Tidur Setelah Makan Berdampak Buruk Bagi Tubuh

Hal yang sama juga diungkapkan Cut Memey. Ia mengaku tetap berolahraga saat sedang puasa. Meskipun menurunkan intensitas latihannya. "Mulai tahun lalu aku coba lakukan resistant training dengan menurunkan intensitas dan waktunya," ucap Memey.

Ada trik berolahraga saat puasa (Foto: Pixabay/klimkin)
Ada trik berolahraga saat puasa (Foto: Pixabay/klimkin)

Perempuan yang kini tinggal di Kanada memberi saran untuk berolahraga usai berbuka puasa. Hanya saja harus dengan beberapa catatan. Seperti tak terlalu banyak mengonsumsi makanan saat berbuka. "Kalau untuk olahraga yang cukup melelahkan, aku biasanya lakukan satu jam setelah buka puasa," ujarnya.

Menurut Cut Memey, cara termudah berkeringat saat buasa yakni konsisten melakukan gerakan seperti berjalan beberapa ribu langkah setiap hari. "Olahraga apapun bagus, dan harus continuous. Yang penting continuous dan stabil, tetap aktif," tutup Memey. (Yni)

Baca juga:

Terpaksa Naik Pesawat Selama Pandemi? Duduklah di Kursi Dekat Jendela


Tags Artikel Ini

Muchammad Yani

LAINNYA DARI MERAH PUTIH