Kecantikan

Trik Atasi Salah Pilih Shade Foundation

Hendaru Tri HanggoroHendaru Tri Hanggoro - Rabu, 12 Oktober 2022
Trik Atasi Salah Pilih Shade Foundation
Ada berbagai macam makeup yang bisa dipadukan dengan foundation untuk menghasilkan shade yang lebih cocok. (Foto: Pexels/Pixabay)

MEMBELI produk makeup kini bisa dilakukan di mana saja dengan mudah. Misalnya dengan check-out di e-commerce sambil berbaring santai di tempat tidur. Namun, kemudahan ini justru mendatangkan masalah baru, yaitu salah shade. Saking mudahnya membeli sehingga tak sempat banyak pikir lagi.

Foto foundation di marketplace biasanya tampak sesuai dengan wajah kita. Namun, setelah diaplikasikan ke kulit warnanya justru tidak cocok. Entah itu lebih gelap ataupun lebih cerah.

Kalau sudah begini, kita justru akan merasa galau karena merasa uang terbuang sia-sia. Namun, jangan buru-buru buang foundation barumu, ya. Sebab, menurut laman Pinkvilla, shade yang terlalu gelap atau terang ini bisa diakali dengan sejumlah cara.

Baca juga:

Ini Manfaat Memakai Concealer sebelum Foundation

trik atasi salah pilih shade

Bronzer dan powder contouring bisa menjadi solusi shade foundation yang terlalu terang. (Foto: Pexels/Skylar Kang)

1. Jika Shade Foundation Lebih Terang


Cara mengatasi shade foundation yang warnanya beberapa tingkat lebih terang atau cerah adalah menggunakan bronzer dan bubuk (powder) contouring. Kamu cukup sapukan bronzer dan powder contouring ke kulit yang ingin digelapkan. Selain itu, foundation ini juga bisa kamu pakai sebagai alternatif highlighter.

2. Jika Shade Foundation Lebih Gelap


Nah, jika shade yang dipilih ternyata terlalu gelap beberapa tingkat, kamu bisa mengatasinya dengan bantuan concealer atau moisturizer. Caranya cukup diaplikasikan bersama dan dicampur hingga warnanya sudah sesuai kulit. Lalu, set makeup dengan setting powder supaya hasilnya lebih natural. Solusi lainnya adalah kamu bisa memakai foundation sebagai bronzer atau contour.

Baca juga:

Tips Memilih Foundation Sesuai dengan Warna Kulit

trik atasi salah pilih shade foundation

Untuk foundation yang tone-nya tidak cocok, kamu bisa mengakalinya dengan setting powder. (Foto: Pexels/Karolina Grabowska)

3. Jika Warnanya Terlalu Pucat


Kadang foundation yang kita beli tak hanya salah shade, tetapi juga salah tone. Akhirnya malah berakhir pucat di kulit kita meskipun shade-nya sama-sama gelap atau terang. Cara mengakalinya adalah dengan memakai bronzer atau setting powder yang warnanya lebih gelap untuk menetralkan warna dari foundation.

4. Jika Warnanya Terlalu Mencolok

Jika yang terjadi sebaliknya, di mana warna foundation jadi terlihat mencolok atau terang benderang, kamu bisa mengatasinya dengan cara mengaplikasikan foundation tipis-tipis saja. Lalu, aplikasikan setting powder yang shade-nya lebih cerah. Kamu juga bisa memadukannya dengan concealer yang warnanya terang. (mcl)

Baca juga:

Ketahui Perbedaan BB Cream, CC Cream, Tinted Moisturizer, dan Foundation

#Produk Kecantikan #Tips Kecantikan
Bagikan
Bagikan