ICE 2021

Trian, Calon Terkuat Juara ICTC 2021

Ikhsan Aryo DigdoIkhsan Aryo Digdo - Rabu, 24 Maret 2021
Trian, Calon Terkuat Juara ICTC 2021
Trian merupakan juara pertama ICTC 2019/ (Foto: merahputih.com/Raden Yusuf Nayamenggala)

INDONESIA Cup Taster Championship (ICTC) yang merupakan rangkaian acara Indonesia Coffee Events (ICE) 2021 telah memasuki babak semifinal.

Dari total 23 orang peserta, terpilih delapan orang yang berhasil lolos dari babak preliminary. Delapan orang peserta tersebut berhasil lolos dengan perolehan poin tertinggi dan waktu tercepat.

Baca juga:

Darren Defretes, Bartender 'Murni' di ICiGSC

Mereka adalah Dhira Dahni, Hendry Lukman Pratama, Rahmat Fatrianto, Muhammad Syarif Hidayatullah, Andi Rio Saputra, Sandhy Selaras, Evelyne Felycia Sanja, dan Rahmawan Andyka.

Dari deretan daftar semi finalis tersebut, ada satu nama yang digadang-gadang merupakan calon terkuat juara ICTC 2021. Namanya Rahmat Fatrianto atau yang akrab disapa Trian.

Pada babak premilinary, peserta asal Makassar tersebut merupakan salah satu peserta ICTC yang berhasil meraih poin tertinggi yakni 7 poin. Perolehan tersebut terbilang luar biasa, mengingat dari 8 set kopi yang dipilih, hanya 1 yang salah tebak. Ia juga merupakan Juara pertama ICTC 2019.

Trian hanya salah menebak satu kopi. (Foto: merahputih.com/Raden Yusuf Nayamenggala)

Ketika ditemui merahputih.com, Trian mengaku sudah sangat menantikan ICTC 2021 sempat tertunda karena pandemi. "Ini udah ditunggu lama banget, ini acara yang paling saya nantikan, karena tempat berkumpulnya anak-anak kopi dari seluruh indonesia," ujar Trian kepada merahputih.com.

Meski piawai dalam cup testing, Trian rupanya seorang auotodidak. Karena pekerjaanya di bidang roastery yang menjadi rutinitasnya, "sambil menyelam minum air" Trian mempelajari rasa beragam kopi.

Meski begitu, menurut Trian persaingan ICTC 2021 cukup ketat. Ia mengatakan setiap peserta memiliki kepekaan yang baik dalam mencicipi kopi. Tapi ia tetap yakin bisa keluar jadi pemenang di ICTC tahun ini. "Lawannya bagus-bagus semua, karena berasal dari seluruh indonesia juga, ya mudah-mudahan bisa deh, yakin 98% lah bisa menang," ucapnya.

Baca juga:

Intip Keseruan Babak Spirit Bar di ICiGSC

Pria yang sudah berkecimpung di dunia kopi sejak tahun 2014 itu mengatakan pernah juga menemui kendala saat kompetisi. Konsentrasinya sering terganggu dengan suhu kopi yang ingin ia cicipi.

Trian akan bertanding di babak semifinal. (Foto: merahputih.com/Raden Yusuf Nayamenggala)

"Paling kalau kompetisi mungkin distraksi suhu kopinya sendiri, mungkin ada yang panas banget, itu mungkin menjadi kejutan bagi para peserta," jelas Trian

Pria yang pernah menjadi wakil indonesia di World Coffee Events tersebut, juga memberikan tips bagi para pemula yang ingin ikut kompetisi ICTC.

Menurut Trian, persiapan pertama yakni mental, karena kamu harus fokus pada diri sendiri. Bagi Trian lawan yang terberat ialah mengalahkan diri sendiri.

Kemudian, tips yang kedua ialah banyak-banyak minum kopi. Semakin banyak kita minum kopi, semakin banyak koreksi kita untuk melihat sisi sisi perbedaan dari beragam jenis kopi. Misalnya dari mulai tingkat keasaman, tingkat kemanisan, hingga tekstur kopi tersebut.

Trian akan tampil di babak semifinal ICTC 2021 sore ini. Kamu dapat menyaksikan aksinya mencicipi kopi secara live streaming di channel YouTube MerahPutih.com. (ryn)

Baca juga:

Sony Eko Prasetyo Sajikan Kopi Alkohol Pahit dan Manis, Seperti Kisah Cinta

#Kopi #Kompetisi Kopi
Bagikan
Ditulis Oleh

Raden Yusuf Nayamenggala

I'm not perfect but special
Bagikan