'Tri Pakarti Musna' Jaminan Tour Jip Merapi Anda Tetap Seru Tapi Aman

Wisnu CiptoWisnu Cipto - Rabu, 05 Desember 2018
'Tri Pakarti Musna' Jaminan Tour Jip Merapi Anda Tetap Seru Tapi Aman
Tour Jip Merapi. Foto: seputarmetro

VOLCANO Tour Merapi di kawasan lereng Gunung Merapi, Cangkringan, Sleman, Yogyakarta, kini menjadi tren baru bagi wisatawan yang mendambakan pengalaman seru menantang adrenalin.

Volcano Tour Merapi menawarkan aktivitas menyusuri kawasan terdampak letusan Gunung Merapi 2010 dengan menggunakan armada jip wisata maupun motor trail. Paket wisata ini menyajikan suasana alam dan pedesaan yang memperlihatkan jejak letusan gunung dan dampaknya pada lingkungan, kebun dan ladang serta permukiman.

Untuk menikmati wisatanya, para wisatawan harus melalui jalur-jalur jalan yang terjal dan sungai yang juga menghadirkan tantangan dan sensasi tersendiri. Kondisi itu tentunya membutuhkan pemandu sekaligus pengemudi yang handal dengan didukung kendaraan yang layak dan terpelihara dengan baik dan rutin, sehingga perjalanan bisa aman dan nyaman.

Terlepas segala tantangan dan keseruan tour, faktor keselamatan tetap harus menjadi nomor satu. Untuk itu, Pemkab Sleman menggagas program 'Tri Pakarti Muna'. Program ini mengajak para pihak terkait untuk mengutamakan keselamatan para pengunjung saat berwisata.

1. Target zero accident

jip merapi
Tour Jip Merapi. Foto: Kitanesia

Melalui program yang diluncurkan bulan lalu itu, Bupati Sleman Sri Purnomo mengajak semua pihak terkait sektor pariwisata untuk memberikan pelayanan yang terbaik kepada wisatawan yang datang, terutama dalam faktor keselamatan dalam mewujudkan akuntabilitas Kawasan Wisata Nasional di Kabupaten Sleman.

Tidak dipungkiri sejak jip wisata "Lava Tour Merapi" diluncurkan pascabencana erupsi Merapi 2010, kecelakaan yang menimpa armada jip wisata sudah beberapa kali terjadi dan mengakibatkan korban meninggal dunia maupun luka berat dan ringan.

Kondisi ini memaksa Pemkab Sleman harus berbenah. Tri Pakarti Muna diharapkan menjadi solusi tak ada lagi wisatawan atau turis mengalami kecelakaan apapun selama menjelajahi lanskap Gunung Merapi.

"Keselamatan wisatawan juga harus terjamin. Kaitannya dengan wisata jip ini maka penumpang harus pakai helm, pakai sabuk pengaman, pengemudinya harus punya SIM dan mobilnya harus layak. Jadi harapan kami Zero Accident," kata Bupati Sleman Sri Purnomo, dikutip dari Antara.

2. Dukungan aplikasi keluhan dan kepolisian

Wisatawan mengabadikan Gunung Merapi dari kawasan wisata Bungker Kaliadem, Sleman, DI Yogyakarta. ANT/Andreas Fitri Atmoko

Tri Pakarti Muna meliputi perencanaan langkah-langkah jangka pendek, jangka menengah, maupun jangka panjang untuk memberikan pelayanan yang optimal di sektor kepariwisataan.

Pemkab juga akan meluncurkan aplikasi khusus yang dapat digunakan untuk pengaduan keluhan masyarakat terkait kepariwisataan di kabupaten Sleman, yang sudah bisa mulai diakses awal tahun 2019.

Program Tri Pakarti Musna ini juga mendapat dukungan penuh dari Polres Sleman, para penyedia jasa jip dan Indonesia Offroad Federation (IOF) DIY.


3. Pelatihan Jip Wisata Merapi

merapi jip
Tour Jip Merapi. Foto: excellentjogjadriver.com

Untuk mendukung program tersebut Dinas Pariwisata Kabupaten Sleman juga mengadakan pelatihan bagi ratusan pengemudi pengelola jip wisata untuk mengurangi angka kecelakaan dan penerapan sapta pesona pariwisata yang lebih baik.

Pelatihan para pengelola jip wisata angkatan pertama dilakukan Oktober 2018 dan diikuti para pengelola jip wisata di kawasan Kaliurang, Kecamatan Pakem dan Kaliadem, Kepuharjo, Kecamatan Cangkringan.

Pelatihan ini dibagi dalam beberapa angkatan, setiap angkatannya terdiri atas enam puluh orang yang dilatih selama tiga hari. Pada 2018 ini diadakan pelatihan sebanyak enam angkatan, sedangkan pada 2019 akan ada tujuh angkatan.

Para peserta pelatihan tidak dipungut biaya sepeser pun alias gratis. Narasumber kompeten dari Dinas Pariwisata, Kepolisian dan IOF dihadirkan memberikan ilmu berkualitas terkait pengelolaan jip wisata dengan komposisi 30 persen teori dan 70 persen praktek.

jip merapi
Manuver Tour Jip di kaki Gunung Merapi. (Ant)

Para peserta akan mempraktekkan teknik mengemudi untuk menempuh medan yang sulit berupa tanjakan atau turunan yang ekstrem, juga latihan ketrampilan untuk mengatasi situasi darurat dan teknik kecapakan lainnya.

Dinas Pariwisata Kabupaten Sleman berharap atraksi jip wisata lava tour ini kelak akan mampu memberikan pelayanan yang lebih baik dan lebih mengutamakan keselamatan dan keamanan bagi para wisatawan.

Langkah perbaikan dan pembenahan di sektor pariwisata diharapkan dapat meningkatkan keamanan, keselamatan dan kenyamanan para wisatawan saat menikmati keunggulan wisata alam, kuliner, budaya dan atraksi lain dan menambah daya tarik kawasan wisata yang selama ini selalu ramai oleh pelancong itu. (*)

#Jip Wisata #Wisata Yogyakarta #Merapi Park
Bagikan
Ditulis Oleh

Wisnu Cipto

Bagikan