Tren Warna 2019, 'Living Coral' Terinspirasi dari Terumbu Karang Living Coral adalah tren warna di 2019. (Foto: Pantone.com)

PERGANTIAN tahun selalu diikuti oleh pergantian tren, apa pun itu jenis trennya. Mulai dari pakaian, makanan, minuman hingga warna sekali pun juga ikut berubah.

Untuk tren yang terakhir ini, yakni tren warna pada 2018 lalu adalah ungu tua atau ultra violet. Dengan pergantian tahun, tren warna berubah menjadi Living Coral. Penrnyataan itu dirilis oleh Colour Institute Pantone.

Living Coral atau shade dengan nomor 16-1546 ini terinspirasi dari terumbu karang yang terancam punah dan memanasnya politik global. Warna ini mengarah pada warna oranye namun memiliki kesan yang lembut, hangat dan ringan.

1. Warna yang memberikan kehangatan

Tren warna di 2019. (Foto/kohler.design)
Tren warna di 2019. (Foto: kohler.design)

Pantone dalam rilisnya percaya jika warna tersebut akan menimbulkan kehangatan dan memberikan kenyaman untuk lingkungan yang terus berubah.

"Warna adalah sebuah lensa yang menyamakan kedudukan kita seperti apa yang kita alami dan tentang realitas digital dan ini juga berlaku untuk terumbu karang," ujar Leatrice Eiseman, Executive Director of The Pantone Color Institute seperti dikutip dari Antara.

Ia melanjutkan, konsumen menginginkan interaksi manusia dan koneksi sosial, kualitas kemanusiaan dan pemberi semangat dan semua mampu ditampilkan Pantone melalui Living Coral yang ramah.

Hingga saat ini, warna Living Coral sudah digunakan oleh beberapa perancang dunia seperti Prada, Stella McCartney dan Prabal Gurung untuk koleksi Spring/Summer 2019.

Selain itu, supermodel Gigi Hadid juga sempat terlihat mengenakan busana berwarna Living Coral di New York. Ia menggunakan warna tersebut mulai dari atasan hingga sepatu.

2. Pengaruhi tren warna kreatif

Style pakaian dengan warna living coral. (Foto/id.pinterest.com)
Style pakaian dengan warna living coral. (Foto: pinterest.com)

Warna tahunan yang ditetapkan oleh Pantone telah mempengaruhi beberapa tren seperti mode, perabot rumah tangga, desain industri serta desain grafis selama 20 tahun lebih.

Proses pemilihan warna setiap tahun juga melalui proses yang panjang. Para ahli warna yang berada di Pantone Color Institute menyisir seluruh warna di dunia untuk mencari pengaruh warna baru.

Hal ini mencakup industri hiburan dan film dalam produksi, koleksi seni, mode, desain, gaya hidup, kondisi sosial ekonomi serta platform media sosial. (*)

Baca Juga: Kebiasaan Sepele Ini Membuat Rambut Rusak Saat Cuaca Dingin

Kredit : zaimul


Zaimul Haq Elfan Habib

LAINNYA DARI MERAH PUTIH