Tren Tiktok ‘Frozen Honey Jelly’, Haruskah Dicoba? Madu beku tren di TikTok. (Foto: Unsplash Art Rachen)

PANDEMI membuat banyak orang mulai menggunakan kreativitasnya membuat hal-hal unik agar tidak bosan di rumah saja. Keunikan-keunikan itu tidak jarang diikuti dan menjadi tren. Ditambah lagi dengan aplikasi media sosial saat ini membuat segala sesuatu lebih mudah untuk mencari inspirasi hal unik, seperti TikTok.

Baca juga:

Saingi TikTok, YouTube Shorts Kini Hadir di 100 Negara

TikTok menjadi platform menginspirasi banyak orang untuk melakukan kesenangan. Bisa dilihat dari banyaknya life hack bisa ditemukan di TikTok. Bahkan, resep masakan saat kehabisan ide untuk memasak juga tersedia, mulai dari cara memasak pasta, cara membuat roti, hingga tren membekukan madu. Tampaknya tren TikTok ini tidak akan habis meskipun pandemi berakhir nanti.

Mungkin membekukan madu (Frozen Honey Jelly) terdengar sedikit aneh. Pasalnya, beberapa warganet memprotes tren sedang ramai di TIktok karena dianggap tidak sehat.

Menurut berdalih madu asli tidak akan bisa membeku atau mengental meski ditaruh dalam freezer untuk waktu lama.

Namun, dalam tren ini diperlihatkan para pelaku Tiktok memasukan madu ke dalam lemari pendingin beku dan kemudian madu tersebut menjadi kental, kenyal, dan bertekstur seperti marshmallow, permen kenyal atau jelly.

Hal ini tentunya bisa terjadi karena kadar gula tinggi dalam madu tersebut membeku. Artinya madu tersebut tidak sepenuhnya merupakan madu murni atau sudah terdapat campuran gula.

Meski begitu, tren musim panas ini tetap menarik minat jutaan orang dari Instagram maupun Tiktok. Tren ini juga dianggap cocok untuk mendinginkan diri saat musim panas sehingga dinamakan tren ‘Frozen Honey Jelly’.

Banyak orang terkejut dengan tren ini karena bagaimana mungkin seseorang memakan madu seperti permen dalam jumlah banyak.

Memang tak sukar membuat madu jadi beku. Hanya diperlukan satu botol madu lalu masukan dalam lemari pendingin beku minimal 2 jam. Setelah itu keluarkan dan peras botol sampai madu tersebut naik keatas tanpa tumpah lalu gigit dan kunyah seperti memakan jelly.

Ada beragam video tren membekukan madu di TikTok, dari versi ditambah pewarna makanan, ditabur cemilan manis seperti coklat atau permen dilelehkan, dan ditambah dengan sirup jagung.

Baca juga:

Cara Mudah Download TikTok Tanpa Watermark

Kebanyakan pembuatnya di Tiktok menggunakan botol plastik agar mudah menekan madu keluar setelah mengental. Meskipun di banyak video TikTok mengharuskan menuangkan madu ke dalam botol agar dapat diperas, beberapa orang memilih untuk menuangkan madu ke mangkuk kecil agar mudah dimakan menggunak sendok.

Beberapa orang bahkan menambahkan bubuk Jell-O rasa buah untuk mengubah rasanya. Ada pula bereksperimen dengan menggunakan sirup jagung dengan konsistensi hampir mirip dengan madu. Sebagian besar video TikTok menunjukkan madu beku tersebut dimakan langsung, meski sebenarnya dapat pula dimakan dengan roti, atau diperas di atas smoothie atau sereal. (Tel)

Baca juga:

TikTok Mengajarkan Aku Seluk-Beluk Dunia Kerja dan Magang

LAINNYA DARI MERAH PUTIH
Pentingnya Kelola Dana Pensiun Sejak Dini
Fun
Pentingnya Kelola Dana Pensiun Sejak Dini

Di hari tua kamu tinggal goyang-goyang kaki saja dengan adanya dana pensiun.

Merayakan Nyepi di Luar Bali Saat Pandemi
Hiburan & Gaya Hidup
'Samurai Warriors 5' Siap Hadir di Konsol dan PC
Fun
'Samurai Warriors 5' Siap Hadir di Konsol dan PC

Samurai Warriors 5 akan menjadi spinoff dan sekuel keempat yang hadir di konsol dan PC di 2021.

Ellen Ripley dan Xenomorph dari Film 'Alien' Muncul di Fortnite
Fun
3 Momen Canggung di Oscar 2021
ShowBiz
3 Momen Canggung di Oscar 2021

Mana yang paling canggung menurutmu?

5 Kutipan Cinta dalam Bahasa Jawa di Film ‘Sobat Ambyar’
Fun
5 Kutipan Cinta dalam Bahasa Jawa di Film ‘Sobat Ambyar’

Setiap kutipan memiliki maknanya tersendiri.

‘Si Juki Anak Kosan’, Seri Animasi Pertama Indonesia Rilis di Disney Plus
Fun
Penonton Protes Keras Serial Animasi 'The Prince'
ShowBiz
Penonton Protes Keras Serial Animasi 'The Prince'

Gagal menyampaikan kisah satire.

Mesin Baru untuk Honda Monkey 125
Hiburan & Gaya Hidup
Kiat Menjadi Sutradara Berkualitas ala Yandy Laurens
ShowBiz
Kiat Menjadi Sutradara Berkualitas ala Yandy Laurens

Yandy mengatakan ada beberapa poin penting yang harus dipegang selama pembuatan film panjang ataupun pendek.