Teknologi
Tren E-Commerce 2021 Diprediksi Terus Tumbuh Banyak masyarakat belanja di e-commerce karena aman dari kontak fisik. (Foto: Pexels/PhotoMIX Company)

PEMANFAATAN e-commerce sebagai alternatif masyarakat memenuhi kebutuhan selama pandemi terus meningkat. Peningkatan penggunaan e-commerce terlihat dari temuan Jet Commerce. Perusahaan e-commerce enabler itu mencatat terjadi peningkatan nilai penjualan dan jumlah transaksi e-commerce hingga kuartal IV-2020.

Pada kuartal IV-2020, Jet Commerce mencatat nilai penjualannya secara keseluruhan meningkat sebanyak 36 persen dari kuartal sebelumnya. Ini berbanding lurus dengan jumlah transaksi yang meningkat sebanyak 53 persen dari kuartal III. Ada lebih dari 750 ribu transaksi terjadi di berbagai marketplace dalam tiga bulan terakhir.

Baca juga:

Langkah Jitu E-Commerce dalam Mendukung UMKM Lokal di Masa Pandemi

CEO Jet Commerce Indonesia, Webber Chen menyampaikan peningkatan jumlah transaksi yang terjadi selama 2020 menjadi bukti bahwa e-commerce kini semakin digemari masyarakat. "Industri e-commerce tidak terpukul dengan pandemi dan resesi ekonomi yang terjadi," ujar Webber dalam rilis yang diterima merahputih.com.

Peningkatan jumlah transaksi terbesar dialami oleh kategori produk kesehatan dan kecantikan yang mencatat kenaikan lebih dari 80 persen. Nilai penjualannya lebih dari 60 persen dibanding pada kuartal sebelumnya. Salah satu produk terlaris selama tiga bulan terakhir ini ialah serum wajah milik Y.O.U dan Lancome, serta sabun pencuci wajah dari Senka.

Situasi Fulfillment Center Jet Commerce Indonesia. (Foto: Istimewa)

Peningkatan signifikan juga terjadi pada kategori produk elektronik yang mencatat kenaikan jumlah transaksi mencapai 31 persen pada kuartal IV. Produk elektronik mengalami peningkatan nilai penjualan sebanyak 35 persen dibanding kuartal sebelumnya. OPPO A52 dan Realme Narzo 20 menjadi produk elektronik paling banyak dibeli dalam tiga bulan terakhir.

Penjualan produk kebutuhan ibu dan anak juga meningkat cukup pesat, yakni sebesar 31 persen dengan nilai penjualan yang meningkat lebih dari 25 persen. Produk MamyPoko dan susu Pediasure menjadi salah satu produk terlaris dari kategori produk ini.

Peningkatan jumlah transaksi juga dialami oleh produk-produk mainan anak dan makanan hewan peliharaan. Masing-masing dari kedua produk tersebut meningkat lebih dari 50 persen dibandingkan pada kuartal sebelumnya.

Webber mengatakan meningkatnya pengguna e-commerce saat ini turut mendorong para pelaku usaha mengembangkan bisnis melalui e-commerce. Baik itu pengusaha dari sektor UMKM maupun brand besar. "Pola ini menjadi bukti bahwa e-commerce memainkan peranan penting dalam proses pemulihan ekonomi Indonesia,” sambung Webber.

Baca juga:

E-commerce Sebagai Tangga Naik Kelas, Mudahkah?

Situasi pandemi yang belum membaik di awal tahun ini dinilai akan mendorong penetrasi e-commerce semakin meluas pada 2021. Seperti yang dikemukakan oleh Statista dalam laporan Digital Market Outlook, yang menyebutkan bahwa pengguna e-commerce di Indonesia tahun ini diprediksi tumbuh 15 persen dari total 138 juta pengguna pada 2020. Itu artinya mencapai 159 juta pengguna di 2021.

Sementara itu, pendapatan industri ini diprediksi meningkat sebanyak 26 persen mencapai US$38 juta, dari US$30 juta pada 2020.

Pengguna e-commerce semakin tumbuh. (Foto: Unsplash/Glenn Carstens-Peters)

Pengguna e-commerce memang diprediksi akan terus tumbuh dalam beberapa tahun ke depan. Laporan e-Conomy SEA 2020 Google menemukan di Indonesia 93 persen responden menyatakan akan kembali menggunakan layanan digital seperti e-commerce. Bahkan, setelah pandemi COVID-19 berakhir.

Menurut laporan tersebut, mengurangi kemungkinan terpapar COVID-19 serta lebih hemat tenaga dan waktu, menjadi faktor utama masyarakat lebih memilih berbelanja melalui e-commerce. (ikh)

Baca juga:

Konsumtif Tapi Sukses Bisnis 'Reseller' Produk Fesyen, Begini Kiatnya!

Cara Main Role Playing di Telegram
Fun
Cara Main Role Playing di Telegram
Fun
LAINNYA DARI MERAH PUTIH
4 Tanda sudah tak Sayang Kekasihmu Lagi
Hiburan & Gaya Hidup
4 Tanda sudah tak Sayang Kekasihmu Lagi

DIkemukakan oleh para ahli

Waspada Munculnya Jerawat Maskne Akibat Pemakaian Masker
Fun
Waspada Munculnya Jerawat Maskne Akibat Pemakaian Masker

di masa pandemi, orang-orang yang mengenakan masker juga berpotensi mengalami maskne.

Ada Gim Klasik N64 di Playstation 4 Akhir Februari
Fun
Ada Gim Klasik N64 di Playstation 4 Akhir Februari

Gim ini memang terbilang populer di zamannya

Yuk, Kenali Beberapa Jenis Packing yang Biasa Kamu Gunakan
Fun
Pendapatan Film 'Demon Slayer: Mugen Train' 'Menggila'
Fun
Pendapatan Film 'Demon Slayer: Mugen Train' 'Menggila'

Dalam tiga hari 'Demon Slayer: Mugen Train' meraih pendapatan RP644 miliar.

Cermati Tanggal Kedaluwarsa Makanan Kemasan
Fun
Cermati Tanggal Kedaluwarsa Makanan Kemasan

Penting diketahui, simak 4 fakta seputar tanggal kedaluwarsa

Di Tengah Momok Virus Corona, Taj Mahal Tingkatkan Jumlah Pengunjung
Fun
Di Tengah Momok Virus Corona, Taj Mahal Tingkatkan Jumlah Pengunjung

Semenjak dibuka kembali pada bulan September, pihak pengelola hanya diperbolehkan menerima pengunjung maksimal 10.000 per hari.

Kerja Bareng HipDot, My Chemical Romance Rilis Koleksi Makeup
ShowBiz
Kerja Bareng HipDot, My Chemical Romance Rilis Koleksi Makeup

Meluncurkan koleksi riasan mata tiga yang terinspirasi album kedua mereka, Three Cheers For Sweet Revenge.

Google Hadirkan Health Tool untuk Identifikasi Kondisi Kulit
Fun
Google Hadirkan Health Tool untuk Identifikasi Kondisi Kulit

Pengguna nantinya bisa memakai kamera ponsel untuk mengambil tiga gambar dari area kulit yang bermasalah.