Trekking hingga Menyelam, Berikut Wisata Petualangan Terbaik untuk Pengguna Kursi Roda Banyak destinasi wisata kelas dunia memiliki akses yang ramah pengguna kursi roda. (Foto: Pixabay/Bomel)

WISATA petualangan merupakan impian bagi mereka yang menyukai alam bebas. Tapi, tak semua destinasi bisa diakses, terutama bagi mereka pengguna kursi roda. Butuh kerja keras dan tentu saja akses yang ramah bagi mereka.

Dikutip Booking.com, kini semakin banyak tujuan wisata yang melayani dengan baik pengguna kursi roda. Ya, termasuk untuk wisata petualangan. Berikut beberapa kegiatan petualangan dan akomodasi ramah pengguna kursi roda terbaik di seluruh dunia.

Baca Juga:

5 Hal Asyik Dilakukan ketika Pesawatmu Delay


1. Trekking di Amazon, Ekuador

Wisatawan di Huasquila Amazon Lodge. (Foto: instagram.com/latinamericaforall)
Wisatawan di Huasquila Amazon Lodge. (Foto: instagram.com/latinamericaforall)

Amazon mungkin liar dan sebagian besar masih belum dijelajahi, tetapi ada beberapa penginapan ramah lingkungan yang secara khusus disesuaikan dengan pengguna kursi roda. Kamu bisa tinggal ke Huasquila Amazon Lodge. Akomodasi ramah lingkungan ini menawarkan kursi roda ramah lingkungan yang dirancang khusus dan juga ada tur yang termasuk dalam biaya akomodasi di sana.

2. Bermain ski di Whistler, Kanada

Wisatawan menikmati pemandangan di Whistler. (Foto: Instagram @miraecampbell)
Wisatawan menikmati pemandangan di Whistler. (Foto: Instagram @miraecampbell)

Whistler Adaptive Sports Program berlangsung sepanjang tahun dengan program musim dingin dan musim panas untuk atlet dan olahragawan amatir penyandang cacat. Selama musim panas, kamu dapat berolahraga air, seperti berkayak, bermain kano, dan mendayung di Danau Alta. Program musim dingin meliputi ski, seluncur salju, dan balap Alpine. Kamu bisa memilih salah satunya pondok ski yang dapat diakses kursi roda, Aava Hotel.

3. Arung jeram di Utah, AS

Wisata arung jeram di Colorado River. (Foto: https://instagram.com/hualapairiverrunners)
Wisata arung jeram di Colorado River. (Foto: instagram.com/hualapairiverrunners)

Dalam beberapa tahun terakhir, Taman Nasional Utah telah bekerja keras untuk memastikan bahwa pemandangan indah di sana diakses dan dinikmati oleh semua orang. Kamu bisa mulai perjalanan dengan kegiatan yang santai, menjelajahi beberapa jalan setapak di Zion National Park Canyon, khususnya Riverwalk Trail yang berliku-liku di sepanjang Sungai Virgin. Kemudian untuk memacu adrenalin, ada arung jeram di Sungai Colorado, yang dapat diakses pengguna kursi roda. Kamu bisa mengambil waktu istirahat di Red Cliffs Lodge yang menakjubkan, yang memiliki kamar-kamar terakses kursi roda.

Baca Juga:

Unik! Ada Hotel Berbentuk Anjing di Amerika Serikat


4. Zip-lining di New Forest, Inggris

Wisatawan disabilitas mencoba ziplining. (Foto: instagram.com/avontyrrell)
Wisatawan disabilitas mencoba ziplining. (Foto: instagram.com/avontyrrell)

Untuk keluarga yang menyukai petualangan liar, bisa mengunjungi Taman Nasional New Forest di Inggris selatan. Di sini, kamu akan menemukan Avon Tyrrell Outdoor Activity Centre di mana lebih dari 40 aktivitas berbeda di tengah alam dijalankan oleh UK Youth, sebuah yayasan amal yang berfokus pada membuat petualangan di luar ruangan dapat diakses oleh semua orang. Salah satu hal yang patut dicoba yaitu zipline yang memungkinkan pengguna kursi roda dapat melintasi Danau Avon Tyrrell. Lalu, ada Avon Tyrrell untuk beristirahat.


5. Menyelam di Laut Merah, Mesir

Menyelam di Laut Merah. (Foto: instagram.com/takeiteasyduxy)
Menyelam di Laut Merah. (Foto: instagram.com/takeiteasyduxy)

Pantai Timur Mesir memiliki beberapa lokasi penyelaman paling terkenal di dunia. Ekosistem karang yang menakjubkan ini dapat dinikmati oleh semua orang, dengan banyak titik masuk scuba-diving yang dapat diakses oleh pengguna kursi roda. Movenpick Resort El Quseir terletak di kota resor Marsa Alam dengan sejumlah perusahaan petualangan aksesibilitas. Atau bisa mnenginap di Oonas Dive Club , sebuah hotel dengan pusat penyelaman di tempat yang menjalankan wisata perahu dan menyelam untuk semua tamu. (*)

Baca Juga:

Taman Nasional Aketajawe Lolobata, Surga buat Pencinta Wisata Petualangan

Kredit : zulfikar

Tags Artikel Ini

Zulfikar Sy

LAINNYA DARI MERAH PUTIH