Trek Tikungan I Kotor Ganggu Hari Pertama Tes Pramusim MotoGP Mandalika

Wisnu CiptoWisnu Cipto - Jumat, 11 Februari 2022
Trek Tikungan I Kotor Ganggu Hari Pertama Tes Pramusim MotoGP Mandalika
Sesi tes pramusim Motogp di sirkuit Mandalika akan berlangsung dari Jumat hingga Minggu (13/2/2022). ANTARA FOTO/Andika Wahyu/foc. (ANTARA/ANDIKA WAHYU)

MerahPutih.com - Bendera merah dikibarkan setelah sesi pagi berjalan sekitar satu setengah jam dalam pelaksanaan tes ofisial MotoGP di Sirkuit Pertamina Mandalika hari pertama Jumat (11/2).

Bendera dikibarkan untuk memberi kesempatan penyelenggara membersihkan lintasan yang kotor, khususnya di tikungan 1. Trek dibuka kembali pada pukul 12:00 WITA dan para pebalap melanjutkan pengujian motor baru mereka setelah sempat ditunda.

Baca Juga:

MotoGP Mandalika Jadi Sarana Promosi Efektif Menambah Daya Tarik Indonesia

"Soal treknya, normal untuk pertama kalinya sedikit kotor, karena tidak ada yang membalap sebelum kami," kata Dorna Race Direction Representative Loris Capirossi, kepada wartawan di Mandalika, Jumat (11/2)

Mantan pebalap MotoGP yang sempat meninjau pembangunan Sirkuit Mandalika pada April tahun lalu itu mengaku terkesan dengan pekerjaan yang telah diselesaikan di trek itu, meskipun masih ada margin untuk perbaikan. Soal trek kotor, sementara ini tidak akan jadi masalah karena baru tes hari pertama.

"Tapi kami berharap mulai besok dan Minggu, kondisi treknya bagus untuk pengujian dan semuanya. Tapi bagaimanapun juga untuk trek baru hal seperti itu normal," imbuh Capirossi.

mandalika
Foto udara tikungan ke-10 Pertamina Mandalika International Street Circuit jelang tes pramusim MotoGP di KEK Mandalika, Kuta, Kecamatan Pujut, Praya, Lombok Tengah, NTB, Rabu (9/2/2022). ANTARA FOTO/

Di ruang race control Sirkuit Mandalika, Eddy Saputra selaku Deputy Race Commitee mengungkapkan kondisi trek yang kotor disebabkan karena pembersihan kurang optimal. Terlebih, lokasi sirkuit juga dekat dengan pantai, jadi mungkin debu-debu partikelnya masuk ke trek.

"Normalnya itu dua minggu sebelum balap, tiap hari harus dilakukan pembersihan. Sepertinya mereka (panitia) agak terlambat," kata Eddy, dikutip Antara. "Intinya satu, kotor, karena ada faktor laut, metode pembersihannya juga lain, harus memakai karpet yang ditarik, (aspal) tidak boleh disikat."

Lebih lanjut, panitia akan menjadwalkan trek dibersihkan setiap pagi, siang dan sore untuk mendukung jalannya tes pramusim di Mandalika. Tim dan pebalap masih akan sibuk menguji motor baru mereka di Mandalika hingga Minggu, sebelum mengawali musim di Qatar pada 6 Maret nanti. (*)

Baca Juga:

MotoGP Mandalika Pakai Nama Pertamina Grand Prix of Indonesia

#Mandalika #Sirkuit Mandalika
Bagikan
Ditulis Oleh

Wisnu Cipto

Bagikan