'Travelling' Bersama Lansia, Tetap Seru Lho! Travelling Bersama Lansia, Tetap Seru Lho! (Foto: Pixabay/Pasja1000)

SALAH satu momen menyenangkan yang jarang bisa didapatkan adalah berlibur bersama orang tua kita. Setelah menikah dan membina rumah tangga, mungkin kamu akan sangat jarang bertemu mereka. Liburan menjadi kesempatan berharga untuk menghabiskan waktu bersama orangtua menceritakan kejadian sehari-hari yang kita alami ketika mereka tidak ada di sekitar kita.

Tetapi mengajak orangtua yang sudah lansia untuk pergi travelling ke tempat jauh pastinya membutuhkan banyak persiapan. Lansia juga perlu perhatian khusus sama seperti anak-anak. Melansir laman smartertraveler, Apa saja ya kira-kira yang perlu disiapkan?

Baca juga:

4 Tips Praktis Meredakan Nyeri dan Pegal saat Pergi Liburan

1. Asuransi

'Travelling' Bersama Lansia, Tetap Seru Lho!
Siapkan asuransi perjalanan (Foto: Pixabay/Free-Photos)

Banyak orang yang masih meremehkan asuransi perjalanan karena menganggap bisa menangani kondisi-kondisi kritis yang tentunya tidak diinginkan.

Tetapi jika berpergian ke tempat jauh apalagi sampai ke luar negeri, membuat asuransi perjalanan untuk lansia sepertinya harus diprioritaskan mengingat biaya pengobatan di luar negeri akan jauh lebih mahal.

Baca juga:

Perhatikan Sekitar dan Tetap Waspada saat 'Selfie' di Tempat Wisata Air

Asuransi perjalanan akan menanggun biaya medis, dengan begitu kamu tidak perlu khawatir kekurangan uang ketika berada di luar negeri.

2. Bawa Obat

'Travelling' Bersama Lansia, Tetap Seru Lho!
Bawa persediaan obat (Foto: Pixabay/Qimono)

Rata-rata lansia mengidap penyakit tertentu. Kamu harus menyiapkan semua obat-obatan yang biasa dipakai dan bersedia membawanya selama travelling.

Baca juga:

Obat yang Harus Dibawa Selama Traveling

Meskipun asuransi perjalanan menjamin seluruh kebutuhan obat dan kamu bisa mencari rumah sakit terdekat tetapi untuk mencegah kambuhnya penyakit semakin parah, membawa obat-obatan merupakan satu hal yang harus dilakukan.

3. Sediakan Popok Dewasa

'Travelling' Bersama Lansia, Tetap Seru Lho!
Sediakan popok dewasa (Foto: Pixabay/Saulo_Prata)

Jangan biarkan lansia menahan keinginan untuk buang air karena hal tersebut dapat memicu penyakit kronis. Sediakan popok dewasa terutama ketika kamu berencana mengajak mereka untuk datang ke tempat wisata yang luas sehingga mereka tidak perlu khawatir kebablasan.

4. Perhatikan Ramalan Cuaca

'Travelling' Bersama Lansia, Tetap Seru Lho!
Perhatikan ramalan cuaca (Foto: Pixabay/Free-Photos)

Tubuh lansia sudah sangat rapuh. Sehingga perubahan cuaca yang ekstrim bisa memicu penyakit-penyakit ringan seperti demam, flu, dan batuk.

Baca juga:

Liburan di Musim Hujan, Kenapa Tidak?

Daripada liburan menjadi tidak nyaman karena menahan sakit, kamu perlu memperhatikan ramalan cuaca sebelum berencana travelling. Cuaca yang sejuk sangat cocok bagi lansia yang ingin travelling.

5. Menginap di Villa

'Travelling' Bersama Lansia, Tetap Seru Lho!
Menginap di villa (Foto: Pixabay/Dimitrisvetsikas)

Usahakan untuk menginap di villa dan hindari hotel yang lantainya tinggi. Meskipun di hotel sudah pasti ada lift tetapi villa merupakan opsi yang tepat untuk lansia.

Baca juga:

Liburan ke Bangkok? Berikut Rekomendasi Penginapan Murah dan Nyaman

Suasana villa cenderung seperti rumah sendiri yang akan membuat lansia dengan cepat beradaptasi. Mereka juga tidak perlu berjalan jauh untuk mencapai kamar sehingga mereka tidak akan kelelahan atau sampai mengalami cidera tulang. (mar)



Ananda Dimas Prasetya

LAINNYA DARI MERAH PUTIH