Traveling Saat Puasa? Kenapa Enggak Belitung banyak tempat wisata yang bisa dikunjungi (Foto: MP/Muchammad Yani)

RASA lemas karena menahan haus dan lapar memang menjadi salah satu cobaan di bulan puasa ini. Namun, bagi traveler sejati, menjalani ibadah rutin di bulan Ramadan bukanlah menjadi halangan untuk melakukan petualangan.

Apalagi banyak kelebihan yang bisa kamu dapatkan jika melakukan traveling di bulan Ramadan. Hal itu diungkapkan oleh Founder marketplace Open-Trip.id, Angga kepada merahputih.com beberapa waktu lalu.

Bulan Ramadan jangan berhenti bertraveling (Sumber: Pixabay/freephotocc)
Bulan Ramadan jangan berhenti bertraveling (Sumber: Pixabay/freephotocc)

Menurutnya ada dua alasan mengapa masih ada orang yang melakukan wisata ketika bulan puasa. Pertama adalah lebih asyik untuk mengabadikan momen. Berbeda dengan bulan-bulan biasanya, di bulan suci Ramadan tempat-tempat liburan lebih sepi.

"Karena tempat wisata menjadi sepi dari biasanya. Berdasarkan data yang kami dapat, hanya sekitar 15-25 persen wisatawan yang berlibur ke tempat tersebut ketika bulan puasa melalui Open Trip ID," katanya melalui pesan WhatsApp.

Baca juga:

Tips Atasi Dehidrasi Saat Menjalani Puasa

Empat Tempat Ini Surganya Takjil di Jakarta

Instagram Rilis Stiker dan Filter Edisi Ramadan

Kelebihan kedua adalah ada banyak agen travel, maskapai dan hotel memberikan promo atau harga khusus bulan puasa. Hal itu pula yang banyak dimanfaatkan oleh masyarakat non muslim untuk berwisata dengan harga lebih murah dari biasanya.

Salah satu Bangunan Pathok Negoro Yogyakarta. (FOTO dok. panduanwisata)
Salah satu Bangunan Pathok Negoro Yogyakarta. (FOTO dok. panduanwisata)

"Jadi biasanya dimanfaatkan oleh yang non muslim dan juga yang muslim untuk memanfaatkan promo-promo tersebut," tuturnya.

Di Indonesia sendiri ada banyak destinasi yang dapat kamu kunjungi selama bulan Ramadan. Tapi sebelum itu lebih baik kamu membaca tips berikut Tips Traveling Nyaman Saat Bulan Puasa. Dengan begitu perjalananmu akan lebi menyenangkan.


Tags Artikel Ini

Muchammad Yani

LAINNYA DARI MERAH PUTIH