Transportasi Umum Kembali Beroperasi, KAI Daops 6 Belum Buka Layanan KA Jarak Jauh Manager Humas PT KAI Daop 6, Eko Budiyanto. (MP/Ismail)

MerahPutih.Com - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) memperbolehkan tranportasi umum beroperasi melayani penumpang berlaku mulai Kamis (7/5). Namun demikian, dari PT Kereta Api Indonesia (KAI) Daops 6 Yogyakarta masih belum membuka pelayanan KA jarak jauh terutama tujuan Bandung, Surabaya, dan Jakarta.

"Kami terima pemberitahuan dari Kemenhub soal diperbolehkannya transportasi umum beroperasi. Kebijakan Daops 6 Yogyakart masih tetap seperti semula, belum membuka layanan KA jarak jauh," ujar Manager Humas PT KAI Daop 6, Eko Budiyanto di Solo, Jumat (8/5).

Baca Juga:

Pembelajaran Jarak Jauh Dinilai Tak Ideal, Kurikulum Darurat Mendesak Diberlakukan

Eko memaparkan sejauh ini yang masih beroperasi dari Daop 6 hanya KA Prameks dan kereta barang. Untuk KA Prameks tujuan Solo-Yogyakarta masih melayani penumpang setiap hari.

KA Prameks sepi penumpang akibat pandemi Covid-19
KA Prameks relasi Solo-Yogyakarta sepi penumpang akibat wabah virus corona. (MP/Ismail)

"Perjalanan kereta lokal KA Prameks untuk mengkomodasi pekerja dari Yogyakarta dan Solo. Itu pun kami berlakukan protokol kesehatan yang sangat ketat," papar dia.

Menurutnya, untuk operasional kereta jarak jauh, pihaknya masih menunggu instruksi dari pusat. KA jarak jauh di wilayah Daops 6 mulai dihetikan sejak tanggal 24 April lalu sampai batas waktu tidak ditentukan. KA tersebut adalah KA Bima dan KA Kahuripan.

"Penumpang yang terlanjur membeli tiket KA Bima dan KA Kahuripan akan kami dikembalikan bea tiketnya 100 persen," kata dia.

Baca Juga:

Pandemi COVID-19, Pembangunan Gedung Muktamar Muhammadiyah Terhenti

Ia menambahkan pembatalan tiket KA melalui aplikas juga dapat dilakukan hingga maksimal 3 jam sebelum jadwal keberangkatan dan uang akan ditransfer paling lambat 45 hari kemudian. Adapun untuk pembatalan di loket stasiun dapat dilakukan di semua stasiun keberangkatan KA jarak jauh dan lokal hingga maksimal 30 hari setelah jadwal keberangkatan dengan menunjukkan kode booking, dan uang akan langsung diganti secara tunai.(*)

Berita ini ditulis berdasarkan laporan Ismail, reporter dan kontributor merahputih.com untuk wilayah Jawa Tengah.

Baca Juga:

Jaksa Agung Minta Pelanggar PSBB Ditindak Tegas



Eddy Flo

LAINNYA DARI MERAH PUTIH