Teknologi
Transplantasi Rambut Robotik dengan Teknologi AI Hadir di Indonesia Transplantasi Rambut Robotik dengan Teknologi AI telah hadir di The Clinic Beautylosophy (Foto: Merahputih.com/Raden Yusuf Nayamenggala)

TAMPIL memukau dengan gaya rambut yang sempurna merupakan hal yang penting bagi banyak orang. Rambut sangat memengaruhi penampilan secara signifikan untuk menambah rasa percaya diri. Tapi, di satu sisi banyak orang mengalami masalah pada rambut, seperti kebotakan.

Penipisan atau kebotakan rambut merupakan masalah yang banyak dialami oleh pria dan perempuan. Biasanya, kebotakan dipengaruhi oleh faktor seperti keturunan, hormon, gaya hidup, fashion dan lain sebagainya.

Baca Juga:

Tips Berbisnis Produk Kecantikan dengan Menjadi Reseller

Bagi seseorang yang mengalami kebotakan, kemungkinan tingkat kepercayaan diri akan menurun, dan mempengaruhi kenyamanan beraktivitas. Oleh karena itu, banyak orang yang melakukan berbagai upaya demi mengatasi kebotakan, salah satunya dengan prosedur transplantasi rambut.

Transplantasi rambut merupakan prosedur yang dilakukan untuk mengembalikan rambut pada area kulit kepala mengalami kebotakan, dengan cara memindahkan dari area donor yang umumnya diambil dari rambut bagian belakang.

Bagi para pria, umumnya di bagian tepi kanan kiri rambut depan, serta area tengah. Hal itu lantaran kulit di bagian itu rentan dipengaruhi oleh hormon. Tapi, tidak hanya rambut kepala, transplantasi rambut juga bisa mengembalikan ketebalan rambut wajah, seperti alis, kumis, jenggot sesuai keinginan pasien.

The Clinic Beautylosophy menjadi klinik pertama di Asia Pasifik yang menghadirkan layanan Transplantasi Rambut Robotik (Foto: Merahputih.com/Raden Yusuf Nayamenggala)

Sejalan dengan fenomena tersebut, The Clinic Beautylosophy menyempurnakan layanan hair center dengan menghadirkan layanan robotic hair transplantation. Layanan ini berupa transplantasi rambut robotik dengan menggunakan alat restorasi rambut robotik ARTAS, yang merupakan evolusi metode tindakan terkini di dunia.

Baca Juga:

Palembang Punya Klinik Kecantikan Baru dengan Treatment Picosure Laser

Tindakan tersebut mempunyai sistem transplantasi rambut dengan menggunakan teknologi Artificial Intelligence (AI). Mesin ARTAS tersebut menghilangkan kendala metode hair transplant konvensional, dengan menggantikan kinerja mekanik manusia, hingga menghilangkan faktor kelelahan.

Namun, mesin ARTAS itu tetap dikendalikan oleh tenaga profesional yang kompeten dalan men-design serta memastikan hasil yang natural dan tepat sasaran. Mesin tersebut dibekali oleh teknik FUE (follicular unit extraction) hingga tidak meninggalkan bekas luka yang linear.

Selain itu, mesin ARTAS juga menggunakan teknologi robotik yang dipandu dengan gambar untuk menganalisa secara tepat dan mengambil graft dari area donor dengan kecepatan seribu kali per sesi, kemudian mengidentifikasi secara akurat lokasi implantasi agar mencapai hasil yang mulus serta garis rambut sesuai dengan harmonisasi wajah. ARTAS iX sudah disertifikasi oleh FDA, mendapat linsensi dari Health Canada dan CE Mark.

Metode tersebut memiliki beberapa kelebihan, yakni tindakan yang cepat, nyaman serta hasil yang alami. Pertumbuhan rambut robotic tersebut terlihat lebih tebal, alami dan permanen, dimulai dalam bulanan dengan pertumbuhan yang terus berlanjut seiring dengan berjalannya waktu.

Transplantasi Rambut Robotik tidak menyebabkan bekas luka bentuk linear (Foto: Merahputih.com/Raden Yusuf Nayamenggala)

Menurut Dokter Spesialis Bedah Plastik Rekonstruksi dan Estetik The Clinic Beautylosophy Cipete dr Nilam Permatasari, SpBP-RE, metode tersebut tergolong minimal invasif dan tidak menyebabkan bekas luka bentuk linear. "Sistem restorasi rambut dengan menggunakan ARTAS secara akurat dan canggih akan mengambil dan mengimplantasi folikel individual tanpa menggunakan skalpel, jahitan atau staples, sehingga tidak akan terjadi scar secara linear," tutur Nilam.

Selain itu, metode robotik tersebut juga bisa memberikan presisi serta kecepatan lebih baik dan akurat, sehingga prosedur menjadi lebih baik dibandingkan dengan transplantasi rambut manual.

Menariknya, lanjut Nilam, tidak ada pantangan metode perawatan setelah menjalani prosedur transplantasi rambut tersebut. "Paling sederhana sekali, biasanya pakai shampo khusus, ambil busanya lalu busanya kita tempelkan ke bagian yang telah dilakukan transplantasi rambut robotik," ujar Nilam.

Untuk rambut baru setelah di transplantasi akan terlihat dalam waktu sekitar 3-6 bulan. (ryn)

Baca Juga:

Mengenal Jenis-Jenis dan Keunggulan Produk Kecantikan

LAINNYA DARI MERAH PUTIH
Trilogi Persona Hadir di Nintendo Switch
Fun
Trilogi Persona Hadir di Nintendo Switch

Trilogi ini dimainkan pada berbagai platform.

Ada Putri Berkuda dalam Peragaan Busana Chanel di Paris
Fashion
Ada Putri Berkuda dalam Peragaan Busana Chanel di Paris

Menampilkan seorang putri sungguhan di panggung peragaan busana.

Lebaran Berlalu, Waktunya Mengecilkan Perut
Hiburan & Gaya Hidup
Lebaran Berlalu, Waktunya Mengecilkan Perut

Saatnya mulai berolahraga untuk mengecilkan perut.

Hampir Saja Tewas, Headset Tahan Peluru Nyasar
Fun
Hampir Saja Tewas, Headset Tahan Peluru Nyasar

Peluru itu dapat ditahan pada bagian plat besi dari headset itu.

German Cinema Hadirkan 8 Film Jerman Secara Daring
Fun
German Cinema Hadirkan 8 Film Jerman Secara Daring

Delapan film Jerman ini bisa disaksikan mulai 17 Desember 2021.

Rasakan Manfaat Berolahraga 30 Menit bagi Kesehatan
Fun
Rasakan Manfaat Berolahraga 30 Menit bagi Kesehatan

Bberolahraga 30 menit perhari bisa membuat tubuh kamu menjadi bugar.

Australia Siap Sambut Pelancong Indonesia yang Sudah Divaksin
Fun
Australia Siap Sambut Pelancong Indonesia yang Sudah Divaksin

Negara kangguru sudah membuka kembali perbatasannya.

OG Juara 'ESL One Dota 2 Stockholm Major' Setelah Mengalahkan TSM FTX
Fun
OG Juara 'ESL One Dota 2 Stockholm Major' Setelah Mengalahkan TSM FTX

Pertandingan antara OG dan TSM FTX di babak final berlangsung sengit.

Aplikasi Terbaik untuk Mengorganisir Klub Buku Virtual
Fun
Aplikasi Terbaik untuk Mengorganisir Klub Buku Virtual

Klub buku yang biasanya berdiskusi langsung tatap muka, memindahkan perbincangan secara daring.

Jenama Kecantikan Tegaskan Komitmen Mendukung Perempuan dalam Industri Sinema
Fun
Jenama Kecantikan Tegaskan Komitmen Mendukung Perempuan dalam Industri Sinema

Perempuan juga bisa berkarier dalam bidang sinema.