Transjakarta Uji Coba Bus Listrik selama Enam Bulan Transjakarta sedang menguji jalan bus listrik di sejumlah daerah di Indonesia. (Foto: Dok. MAB)

MerahPutih.com - PT TransJakarta menandatangani nota kesepahaman (MoU) uji coba bus listrik dengan dua perusahaan penyedia bus listrik PT Mobil Anak Bangsa dan PT Bakrie & Brothers Tbk (BNBR).

Direktur Utama PT TransJakarta Agung Wicaksono mengatakan uji coba ini dilakukan sesuai dengan arahan Gubernur DKI Anies Baswedan untuk mencoba bus listrik untuk armada TransJakarta.

"Transjakarta sesuai dengan arahan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan di bulan Januari 2019 menyiapkan diri untuk menguji coba kendaraan listrik di operasional Transjakarta," kata Agung di JIExpo, Kemayoran, Jakarta Pusat, Kamis (21/3).

Agung menjelaskan, uji coba bus yang diklaim rendah emisi gas ini akan digelar selama 6 bulan sebelum dievaluasi kerjanya di Jakarta.

Chief Executive Officer (CEO) PT Transportasi Jakarta Agung Wicaksono (kiri) didampingi Direktur Utama PT Bakrie & Brothers Tbk (BNBR) Bobby Gafur Umar (kanan), memperagakan proses pengisian daya listrik pada badan bus listrik pada pameran Busworld South East Asia, di JIExpo Kemayoran, Jakarta, Rabu (20/3/2019). PT Transportasi Jakarta berencana melakukan uji coba bus listrik untuk salah satu koridor BRT (Bus Rapid Transit) mulai awal April 2019 [ANTARA FOTO/HO]

Lanjut dia, dua bus calon uji coba itu sama-sama berkapasitas 24 ursi, serta empat tempat duduk prioritas difabel, ibu hamil, serta lansia. Total mampu menampung 60 penumpang.

"Uji coba dilakukan tidak dengan membeli armada ini, Transjakarta tak akan memiliki armada ini. Armada ini dimiliki dan dioperasikan oleh operator yang jadi mitra Transjakarta dan Transjakarta dalam uji coba akan membayar operasionalnya sehingga kita bisa mengetahui biaya operasi yang tadi diperkirakan akan rendah," tuturnya.

Diketahui, kedua bus ini telah melakukan uji coba selama kurang lebih sebulan di Bali pada Anual Meeting World Bank beberapa waktu lalu. Selama uji coba tersebut, tidak ada masalah berarti seperti perubahan iklim atau lainnya. (Asp)

Kredit : asropih

Tags Artikel Ini

Andika Pratama

LAINNYA DARI MERAH PUTIH