TransJakarta Operasikan 22 Bus Listrik di 2 Rute Ini

Andika PratamaAndika Pratama - Kamis, 23 November 2023
TransJakarta Operasikan 22 Bus Listrik di 2 Rute Ini
Bus Listrik TransJakarta. Foto: MP/Asropih

MerahPutih.com - PT Transportasi Jakarta (TransJakarta) meluncurkan 22 bus listrik dari operator eksisting Bianglala Metropolitan (BMP).

Nantinya, 22 bus tersebut akan dioperasikan di di jaringan non-BRT pada rute Stasiun Manggarai–Universitas Indonesia (4B) dan TU Gas- Bundaran Senayan (4C).

Baca Juga

TransJakarta Alihkan Sejumlah Rute akibat Demo Buruh Jelang Penetapan UMP

Direktur Utama PT TransJakarta Welfizon Yuza menjelaskan, bus-bus tersebut diluncurkan sebagai bentuk komitmen perseroan dalam menerapkan kerangka berkelanjutan yang disebut Bestari atau Bersih, Berdaya dan Lestari.

"Bersih dari aspek lingkungan, Berdaya dari aspek ekonomi, dan Lestari dari aspek sosial. Peluncuran dari 22 unit bus listrik hari ini adalah salah satu pengejewantahan dari kerangka tersebut," tutur Welfizon di Depo BMP, Jl. RE Martadinata No 50. A, Cipayung, Kecamatan Ciputat, Tangerang Selatan, Kamis (23/11).

Menurut Welfizon, dua rute yang dipilih belum pernah dilewati bus listrik sebelumnya. Harapannya masyarakat yang belum pernah menjajal bus listrik sebelumnya bisa merasakan pengalaman menggunakan bus listrik yang sangat nyaman digunakan pelanggan.

Baca Juga

TransJakarta Perpanjang Jam Operasi 3 Layanan saat Piala Dunia U-17

Terpisah, Kepala Dinas Perhubungan (Kadishub) DKI Jakarta, Syafrin Liputo mengucapkan terima kasih kepada BMP yang sudah mengimplementasikan sebanyak 22 unit bus listrik.

"Semoga bisa memberikan manfaat, terutama dalam perbaikan kualitas udara di Jakarta," katanya.

Dengan tambahan 22 unit ini, lanjut Syafrin, TransJakarta saat ini memiliki total 74 unit bus listrik.

"Target kami hingga akhir tahun ada 100 bus listrik yang dioperasikan. Untuk sisanya sebanyak 26 unit lagi masih dalam persiapan dan harapannya akhir tahun sudah mengaspal," pungkasnya.

Sebagai informasi, bus listrik dari operator BMP merupakan bus tipe Low Entry yang melengkapi bus-bus listrik lain yang sudah mengaspal di jalur TransJakarta.

Bus llistrik dari operator BMP sendiri merupakan pabrikan Golden Dragon (SAG) dengan kapasitas baterai 326 kWh. Bus dengan kapasitas pelanggan sebanyak 60 ini memiliki jarak tempuh sejauh 250 km atau setara 17 jam beroperasi dengan pengisian daya fast charging selama dua jam. (Asp)

Baca Juga

Halte Gatot Subroto Jamsostek Direvitalisasi, TransJakarta Siapkan Bus Stop

#Bus Transjakarta #TransJakarta
Bagikan
Ditulis Oleh

Asropih

Bagikan