Transjakarta Beroperasi 24 Jam di Seluruh Koridor saat Malam Tahun Baru Petugas Transjakarta melakukan pengecekan bus Zhongtong di Depo PPD F Klender, Jakarta Timur, Rabu (16/10/2019). (ANTARA FOTO/Reno Esnir/pras)

Merahputih.com - PT Transportasi Jakarta (Transjakarta) menambah jumlah armada hingga 183 unit dan memanjangkan waktu operasional sampai 24 jam di hampir seluruh koridor dan beberapa rute wisata pada malam Tahun Baru 2020.

Melihat potensi tingkat kepadatan malam hari, penambahan armada dan petugas dilakukan khusus untuk layanan angkutan malam hari (AMARI) dan beberapa rute wisata.

Baca Juga

Car Free Night Sudirman-Thamrin, Ini Lokasi Parkir Bagi Pengunjung

"Unit armada Transjakarta yang biasa melayani di malam hari berjumlah 55 unit tersebar di 11 koridor BRT, khusus malam tahun baru kami tambah 128 unit menjadi 183 armada," kata Nadia dalam keterangannya di Jakarta, Selasa (31/12).

Adapun jenis bus tambahan yang melayani di malam tahun baru adalah 38 Articulated Bus (AB) atau bus gandeng yang beroperasi di Koridor 1 (Blok M-Kota), Koridor 5 (Kp Melay-Ancol), Koridor 8 (Lebak Bulus-Harmoni) dan Koridor 9 (Pinang Ranti-Pluit).

Transjakarta (ANTARA/Livia Kristianti)

Lalu ada 10 bus maxi dan sisanya bus single yang disebar di seluruh koridor lainnya. Selain itu, penambahan unit armada ini juga termasuk penambahan rute khusus wisata yang sebelumnya tidak melayani di malam hari.

"Seperti rute wisata 5H (Harmoni-Ancol) dan 2C (Balaikota-Jiexpo) khusus tanggal 31 Desember, akan dioperasikan selama 24 Jam," kata Nadia.

Baca Juga

37 Kantong Parkir Disiapkan Pemprov DKI Saat Perayaan Malam Tahun Baru 2020

Bukan hanya di rute tersebut, rute pengumpan khusus MRT, yakni S12 BSD (Giant)-Stasuin MRT Fatmawati dan S31 Bintaro (Exchange)-St MRT Fatmawati melayani sampai dengan pukul 03.00 WIB tanggal 1 Januari 2020 dengan delapan unit Royaltrans.

Demikian juga rute 1F Stasiun Palmerah-Bundaran Senayan via Asia Afrika yang disediakan 5 unit armada. (*)


Tags Artikel Ini

Angga Yudha Pratama

LAINNYA DARI MERAH PUTIH