Wisata Indonesia

Transformer Park Solo, Lokasi untuk Penghobi Fotografi

Muchammad YaniMuchammad Yani - Kamis, 05 September 2019
Transformer Park Solo, Lokasi untuk Penghobi Fotografi
Transformer Park Solo (Foto: Instagram/dwiesar)

DI Sukoharjo, Solo, Jawa Tengah, ada satu destinasi yang sedang populer di kalangan anak muda terutama para penghobi fotografi. Lokasi tersebut bernama Transformer Park Solo. Di sana kamu akan menemukan tumpukan kendaraan berat yang berkarat dan tak terawat. Beberapa di antaranya bahkan sudah ditumbuhi ilalang.

Transformer Park Solo sebenarnya adalah lokasi pembuangan dumptruck tua. Dulunya kendaraan tersebut pernah dipakai untuk pembangunan sumber daya air dari aliran Sungai Bengawan Solo. Kamu akan puas berfoto karena Transformer Park Solo memiliki luas 7000 meter persegi.

Baca juga:

Pantai Sandal Jodoh, Ketika Tumpukan Sampah Menjadi Indah

Lokasi yang strategis

Lokasinya strategis (Foto: Instagram/dwiesar)
Lokasinya strategis (Foto: Instagram/dwiesar)

Salah satu alasan mengapa Tranformer Park Solo menjadi populer karena lokasinya sangat dekat dengan pusat kota, yakni hanya 20 menit. Transformer Park Solo berada di Komplesk Proyek Bengawan Solo Perum Jasa Tirta I. Tepatnya di sebelah Transmart Pabelan, Sukoharjo.

Baca juga:

Mengintip Sejarah LP di Indonesia Melalui Museum

Sebenarnya, sudah lama masyarakat Solo sudah banyak yang tahu lokasi pembuangan dumptruck ini. Namun pihak pengelola baru membukanya untuk umum di awal tahun 2019. Ternyata respon masyarakat sangat positif. Kini Transformer Park Solo populer bukan hanya kalangan masyarakat Solo melainkan juga luar kota Solo.

Tips datang ke Transformer Park Solo

Datang saat sore hari agar tidak terlalu panas (Foto: Instagram/dwiesar)
Datang saat sore hari agar tidak terlalu panas (Foto: Instagram/dwiesar)

Lokasi pembuangan truk kuno tersebut berada di tanah lapang. Jadi jangan heran kalau jika datang di siang hari akan terasa sangat panas menyengat. Guna mensiasati situasi tersebut, coba datang di pagi hari atau saat matahari mau terbenam. Selain tak terlalu panas, siluet saat siang atau sore akan semakin mempercantik fotomu.

Jangan lupa juga membawa peralatan fotografi agar hasil jepretanmu maksimal. Oh iya, karena banyak kendaraan berkarat, lebih baik jangan menyentuh kendaraan tersebut. Kalaupun menyentuhnya lebih baik langsung cuci tangan. Biaya untuk masuk ke lokasi Transformer Park Solo sangat murah yakni Rp 5 ribu per orang. (*)

Baca juga:

Lintasan Pacuan Kuda Terbaik di Dunia, Salah Satunya di Jakarta

#Wisata Solo
Bagikan
Ditulis Oleh

Muchammad Yani

Lebih baik keliling Indonesia daripada keliling hati kamu
Bagikan