Pesona Indonesia

Trail Run Keliling Candi bakal Digelar di Yogyakarta

Dwi AstariniDwi Astarini - Selasa, 18 Juni 2019
Trail Run Keliling Candi bakal Digelar di Yogyakarta
Sleman Temple Run akan digelar di Yogyakarta. (foto: dinas pariwisata kab sleman)

PARA pencinta olahraga lari rintang bersiaplah untuk mengikuti kegiatan trail run keliling candi. Dinas Pariwisata Kabupaten Sleman Daerah Istimewa Yogyakarta bersama Trail Runner Yogya akan menyelenggarakan Sleman Temple Run. Kegiatan trail run ini akan berlangsung pada Minggu, 14 Juli 2019.

Kepala Bidang Pemasaran Dispar Sleman Eka Priastana Putra menjelaskan Sleman Temple Run
merupakan perlombaan sportventure tourism yang memadukan antara olahraga dan adventure sambil berwisata keliling candi di wilayah Kabupaten Sleman. "Event ini sudah diselengarakan lima kali sejak 2015. Tahun ini acara mulai pukul 05.30," kata Eka di Yogyakarta, Selasa (18/6).

Uniknya, Sleman Temple Run menjadi satu-satunya semi-trail run di dunia yang melintasi candi tang berada di perbukitan Kecamatan Prambanan. Tingkat kesulitan dan tantangan dari event ini termasuk level medium dengan kondisi medan yang naik turun, tapi tidak ekstrem.

sleman temple run
Ada tiga kategori yang dilombakan pada Sleman Temple Run. (foto: dinas pariwisata kab sleman)

Eka menjelaskan tahun ini Sleman Tempel Run memperlombakan 3 kategori, yaitu 7K, 13K, dan 25K. "Start dan finish akan dilakukan di kawasan Candi Banyunibo. Untuk peserta 25K, kegiatan akan dimulai pukul 05.30 WIB," kata Eka.

Total elevasi yang dilalui pada kategori ini ialah 1.000 meter dengan variasi medan yang dilalui terdiri dari 20% trail track, 30% track aspal, dan sisanya track dengan cor block.

Yang membuat Sleman Tempel Run berbeda dengan perlombaan lari lainnya ialah para pelari akan disuguhi keindahan Candi Banyunibo, Candi Ijo, Candi Barong, Candi Miri, Kraton Ratu Boko, Candi Sojiwan, dan hamparan lanskap kawasan timur Kabupaten Sleman yang memukau. Terdapat setidaknya 5 water station sepanjang rute yang dilewati. "Untuk kategori 13K, start akan dilaksanakan pada pukul 06.00 WIB," kata dia.

Total elevasi yang dilalui pada kategori ini ialah 500 meter dengan variasi medan yang sama dengan yang dilalui oleh pelari kategori 25K. Sementara itu, bagi pelari di kategori 7K, start akan dilaksanakan pada pukul 06.30 WIB. Total elevasi yang akan dilalui ialah 300 meter.

Pelari yang ingin mengikuti acara ini cukup membayar biaya pendaftaran Rp300 ribu-Rp400 ribu. Peserta yang mendaftar akan mendapatkan beberapa fasilitas, seperti jersey, finisher medal, tote bag, makan siang, asuransi, dan kesempatan untuk mendapatkan beberapa door prize menarik. "Total hadiah yang ditawarkan dalam event ini ialah sebesar Rp127 juta," ucapnya.(*)

Artikel ini merupakan laporan dari kontributor Merahputih.com wilayah Yogyakarta, Teresa Ika.

Bagikan
Bagikan