Tradisi Unik Menyambut Idul Adha di Berbagai Daerah Indonesia

KEMBALI rayakan Lebaran Haji, umat Islam di Indonesia mempersiapkan seluruh kebutuhan untuk memeriahkan hari raya keagamaan ini. Umumnya, perayaan Idul Adha identik sebagai hari pemotongan hewan kurban seperti kambing, domba atau sapi.

Tak hanya itu, sebelumnya umat Islam juga melaksanakan salat Idul Adha dan di daerah tertentu di Indonesia ada juga yang menjalankan berbagai tradisi unik tertentu. Tradisi tiap daerah dihadirkan dengan ragam keunikkan. Berikut beberapa tradisi unik menyambut Idul Adha yang dilakukan setiap tahun di berbagai daerah Indonesia.

Baca juga:

Lezat dan Bikin Meleleh, 8 Hidangan Khas Idul Adha dari Berbagai Negara

1. Upacara grebeg di Yogyakarta

Tradisi Unik Menyambut Idul Adha di Berbagai Daerah Indonesia
Di Yogyakarta melakukan upacara Grebeg menyambut Idul Adha (Foto: antaranews/Noveradika)

Identik dengan sajian gunungan, Yogyakarta menyambut perayaan Idul Adha melalui upacara grebeg. Berbagai makanan hasil bumi disusun membentuk selayaknya gunung.

Melansir dari laman Indonesia kaya, seserahan makanan ini sebagai simbol atas kemakmuran Keraton Yogyakarta untuk masyarakat dan membawa berkah bagi kehidupan bersama.

Kegiatan ini selalu dinantikan masyarakat Yogyakarta, momen kebahagiaan ini terbagi dalam tiga upacara. Diantaranya kamu akan menemukan upacara Grebeg Maulud, Grebeg Syawal, dan Grebeg Besar yang terjadi setiap tahunnya.

2. Arak-arakan sapi di Pasuruan

Tradisi Unik Menyambut Idul Adha di Berbagai Daerah Indonesia
Sambut Idul Adha dengan mendandani sapi terlebih dahulu (Foto: antaranews/Moch Asim)

Dalam menyambut Hari Raya Idul Adha, warga Pasuruan di Jawa Timur melakukan sembelih hewan kurban. Bedanya, hewan kurban seperti sapi, kambing ataupun domba dirias menyerupai pengantin.

Warga yang berpartisipasi akan mengalungi bunga tujuh rupa di leher hewan yang akan dikurban. Sebelum proses penyembelihan, hewan yang dikurbankan akan dibalut kain kafan, serban dan sajadah.

3. Tradisi toron di Madura

Tradisi Unik Menyambut Idul Adha di Berbagai Daerah Indonesia
Orang asli Madura pulang ke kampung halaman saat Idul Adha (Foto: Pexels/Sharefaith)

Menjelang Idul Adha, perantau asal Madura berbondong-bondong melakukan toron atau mudik ke kampung halaman. Lebaran Idul Adha terasa lebih semarak dikarenakan beberapa alasan.

Melansir dari berbagai sumber, kembali ke kampung halaman menjadi kebiasaan orang asal Madura menjelang Idul Adha dengan memaknainya sebagai membentuk solidaritas, mempererat ikatan kekeluargaan, mengembalikan kodrat, mengandung arti hari kemenangan kedua setelah Idul Fitri, dan sudah menjadi tradisi turun temurun.

Baca juga:

Yuk, Olah Daging Kambing Jadi Tongseng

4. Gendong hewan kurban di Ambon

Tradisi Unik Menyambut Idul Adha di Berbagai Daerah Indonesia
Tradisi menggendong kambing kurban di Ambon (Foto: antaranews/Embong Salampessy)

Sama halnya dengan kota lainnya, warga Ambon juga menantikan perayaan Idul Adha dengan keunikkannya tersendiri.

Biasanya, warga Ambon akan mengendong kambing yang akan dikurban bersama-sama menunju tempat penyembelihan.

Sebelumnya, penyembelih atau kaul kurban akan melakukan arak-arakan tiga ekor kambing dengan mengelilingi desa atau kampung seperti yang dilansir dari laman antaranews.

5. Mepe kasur serentak di Banyuwangi

Tradisi Unik Menyambut Idul Adha di Berbagai Daerah Indonesia
Suku Osing serentak lakukan mepe kasur (Foto: antaranews/Budi Candra Setya)

Tak kalah unik, Banyuwangi juga memiliki tradisi menyambut Hari Raya Idul Adha. Sepanjang jalan Desa Wisata Kemiren, Banyuwangi, Jawa Timur warga suku Osing melakukan penjemuran kasur secara serentak.

Tradisi ini dinamakan Mepe Kasur. Dipercaya menjemur kasur atau mepe kasur menjelang Hari Raya Idul Adha bisa terhindar dari ancaman yang membahayakan atau berdampak buruk. (dys)

Baca juga:

Hilangkan Aroma Prengus Daging Kambing dengan Trik Ini



Ananda Dimas Prasetya

LAINNYA DARI MERAH PUTIH