Tradisi Unik yang Hanya Ada Saat Ramadan di Indonesia Membangunkan Orang untuk Sahur. (Foto/dailymoslem.com)

BULAN Ramadan sangat ditunggu-tunggu oleh umat Muslim dimana pun mereka berada, tanpa terkecuali. Berbagai kegiatan yang mengandung amalan baik bermunculan pada bulan yang pernuh berkah ini. Bahkan, kebiasaan tersebut ada yang sudah bertranformasi menjadi tradisi, karena setiap tahunnya selalu dilaksanakan.

Ada beragam tradisi untuk memeriahkan dan menghidupkan Ramadhan khususnya di Indonesia. Negara yang mayoritas penduduknya memeluk agama Islam ini mempunyai banyak tradisi unik pada bulan Ramadan. Berikut merahputih.com merangkum tradisi unik yang ada di Indonesia pada saat Ramadan;

Berburu Takjil

Pasar Takjil di Jogja. (Foto/travelingyuk.com)
Pasar Takjil di Jogja. (Foto/travelingyuk.com)

Berburu takjil menjadi kegiatan yang telah menjadi tradisi di Indonesia. Kegiatan berburu makanan ini dilakukan oleh sebagian besar masyarakat sambil menunggu datangnya waktu berbuka. Hidangan manis seperti kolak, es buah, atau kurma, merupakan menu takjil favorit.

Biasanya, di setiap daerah selalu tersedia suatu lapak atau lahan bagi pedagang untuk menjajal jualan mereka. Di sanalah para warga berkumpul beramai-ramai untuk membeli bekal yang akan di santap saat waktu berbuka tiba. Takjil sendiri berasal dari bahasa Arab yang artinya "menyegarkan".

Buka Bersama (Bukber)

Ilustrasi Bukber. (Foto/abiummi.com)
Ilustrasi Bukber. (Foto/abiummi.com)

Tradisi Bukber ini hanya ada di Indonesia. Tradisi tersebut lahir dan selalu terjaga di Indonesia karena sesuai dengan adat dan kebiasaan orang Indonesia. Melalui tradisi ini, bangsa Indonesia yang beragam suku, bangsa dan bahasa melakukan silaturrahmi, sekaligus menjaga ukhuwah.

Kegiatan ini sangat rutin dilakukan pada bulan Ramadan, baik oleh masyarakat kalangan menengah kebawah hingga kalangan elite sekalipun.

Membangunkan Orang untuk Sahur (Grebek Sahur)

Membangunkan Orang untuk Sahur. (Foto/dailymoslem.com)
Membangunkan Orang untuk Sahur. (Foto/dailymoslem.com)

Membangunkan Orang untuk Sahur atau Grebek Sahur dan berbagai nama lainnya di setiap daerah sangat rutin dilakukan oleh masyarakat, khususnya kaum muda. Mereka berkeliling kampung untuk membangunkan warga melaksanakan sahur. Di setiap daerah, tradisi membangunkan orang untuk sahur berbeda-bedam, namun tetap satu dalam tujuan.

Sahur on The Road

Sahur on The Road. (Foto/lembaranputih.hipwee.com)
Sahur on The Road. (Foto/lembaranputih.hipwee.com)

Meski banyak dilarang di beberapa daerah, namun tradisi 'Sahur on The Road' telah mendarah daging di masyarakat Indonesia. Kegiatan membagi-bagikan makanan kepada orang-orang kurang mampu dan musafir yang ada di jalanan untuk bersantap sahur selalu hadir setiap subuh di berbagai pelosok daerah di Indonesia. (*)

Kredit : zaimul

Tags Artikel Ini

Zaimul Haq Elfan Habib

LAINNYA DARI MERAH PUTIH